Pengertian Repeater Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah repeater? Mungkin istilah ini memang jarang didengar bagi Anda yang kurang dekat dengan dunia internet, khususnya alat-alat pendukungnya. Repeater merupakan salah satu teknologi mutakhir yang bekerja untuk jaringan internet dan memiliki banyak fungsi dalam penggunaannya. Untuk itu, pengertian repeater menurut para ahli sedang banyak dikaji mengingat perkembangan dunia internet semakin pesat dan maju setiap waktunya. Sejauh ini orang-orang yang memahami mengenai repeater kebanyakan adalah mereka yang berkecimpung di dunia IT, tetapi bukan tidak mungkin repeater bisa dipelajari oleh orang umum karena keberadaannya memang diperlukan dalam bidang komputer dan telekomunikasi.

Repeater dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai alat penguat sinyal. Secara sederhana, repeater adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai penguat sinyal. Lebih luas repeater bisa dimaknai sebagai suatu alat yang memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel pada jaringan LAN, MAN, atau WAN yang kemudian dipancarkan kembali dengan tetap mempertahankan kekuatan sinyal asli, alat ini juga bisa mengembalikan kekuatan sinyal asli seperti dari pusatnya. Dengan bantuan alat ini, sinyal internet bisa diperluas dan ditangkap oleh banyak perangkat elektronik dalam jangkauan yang telah ditentukan sebelumnya. Repeater membuat pengguna internet bisa berbagi sinyal dan menggunakannya secara bersama-sama dengan kekuatan sinyal yang sama dan merata.

6

Pengertian repeater menurut para ahli tak akan lengkap bila tidak mengulas mengenai sejarahnya. Awalnya, repeater digunakan oleh tentara pada zaman dahulu untuk keperluan perang. Repeater berfungsi untuk meregenerasi pengiriman pesan melalui alat telekomunikasi bernama telegraf. Telegraf adalah sebuah alat komunikasi berupa pesawat untuk mengirimkan berita dengan ceoat dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya berjauhan, dihubungkan dengan kawat dan kekuatan listrik. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju dan pesat, peran repeater mulai berubah perlahan. Repeater mulai digunakan untuk komunikasi lainnya di bidang telepon dan pengiriman data. Dan saat ini yang paling modern adalah repeater mampu digunakan untuk telepon selular tanpa kabel. Cara kerjanya dengan menangkap sinyal komunikasi dari pemancar yang kemudian dipancarkan kembali ke perangkat penerima lainnya, seperti telepon selular, smarthphone, tablet, dan lain-lain.

Repeater memiliki jenis-jenis yang beraneka ragam, tergantung dari kecanggihan penggunaannya. Jenis-jenis tersebut adalah repeater GSM, repeater CDMA, dan repeater 3G. Ketiga jenis repeater ini memiliki kelebihan masing-masing dan kejayaan di masanya masing-masing. Yang jelas, ketiga repeater ini memiliki fungsi yang sama yakni (1) mempermudah proses pengiriman sinyal, (2) mempermudah pengguna dalam memperoleh sinyal, (3) memperlancar komunikasi walau jarak sangat jauh, (4) mempermudah pengiriman data atau informasi dari berbagai perangkat,(5) meneruskan dan memperkuat sinyal, dan (6) tidak perlu lagi membangun jaringan kabel.

Dalam pengertian repeater menurut para ahli, kita bisa mengetahui bahwa repeater terbentuk dari tiga bagian utama di dalamnya. Ketiganya adalah penerima sinyal, penguat sinyal, dan pemancar sinyal. Ketiga bagian utama ini bekerja sesuai dengan fungsi dan manfaatnya. Yang terpenting adalah ketiganya bisa beroperasi dengan baik dan sinyal yang dihasilkan bisa diterima dan digunakan dengan baik oleh pengguna.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts