Pengertian Resume Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Resume atau biasa dikenal juga dengan daftar riwayat hidup merupakan salah satu komponen penting dari kumpulan syarat untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini biasanya berisi identitas, pengalaman, dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang. Keberadaan resume sangat diperlukan karena bisa menjadi salah satu hal yang menentukan apakah seseorang itu akan dipanggil untuk wawancara atau tidak. Untuk itulah, pengertian resume menurut para ahli perlu untuk dipelajari agar resume yang dibuat bisa lebih baik dan menarik. Resume yang dibuat dengan baik dan menarik akan memudahkan pembacanya, dalam hal ini adalah penyeleksi, untuk mengevaluasi kualifikasi yang dimiliki oleh pembuat resume atau pelamar pekerjaan.

Resume adalah bagian pertama yang akn dibaca dan dipelajari oleh pihak penerima kerja sehingga resume harus berisi sejarah hidup Anda secara singkat, jelas, detail, dan tidak terlalu berlebihan. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam pembuatan resume agar bisa menjadi penyampaian data diri yang baik dan menarik untuk penerima kerja.

5

  • Tidak mengkopi resume yang dibuat oleh orang lain. Buatlah resume dengan bahasa sendiri, tentunya dengan bahasa yang baik dan sopan. Jangan tergoda untuk mengkopi resume orang lain dan menggantinya dengan identitas Anda. hal itu menjadi kesalahan awal Anda dalam memperkenalkan diri di depan orang lain.
  • Jujur atau jangan berbohong. Buatlah data yang jujur apa adanya mengenai identitas, pendidikan, pengalaman, keterampilan, dan sebagainya. karena bukan tidak mungkin pihak penerima kerja akan meminta bukti dan Anda harus bisa memberikannya.
  • Buatlah resume yang padat dan singkat. Penerima kerja tidak memiliki banyak waktu untuk membaca resume yang panjang karena resume yang dibaca tidak hanya satu.
  • Perhatikan tata bahasa, tanda baca, dan pilihan katanya.
  • Gunakan kata dan kalimat yang lugas serta mudah untuk dipahami.
  • Pakailah kertas putih polos tanpa background agar tidak mengganggu tulisan di dalamnya.
  • Ketiklah resume Anda agar terlihat lebih rapi. Boleh ditulis tangan bila itu memang permintaan penerima kerja.

Paparan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat resume di atas merupakan hal yang penting pula selain pengertian resume menurut para ahli. Saat Anda sudah membuat resume yang baik dan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda sebenarnya telah mendapatkan manfaat secara tidak langsung. Manfaat-manfaat tersebut adalah memberikan fakta-fakta mengenai latar belakang pelamar dengan sejujur-jujurnya dan menunjukkan kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar sehingga penerima kerja bisa mengetahui bahwa pelamar tersebut memang tepat untuk memangku jabatan yang sedang ditawarkan. Kedua manfaat tersebut menjadi dasar utama bagi pencari kerja untuk bisa melaju ke tahap selanjutnya.

Untuk mampu menulis resume yang baik, pelamar juga perlu mengetahui urutan dalam pembuatan resume. Resume yang ditulis dengan isi yang runtut juga bisa menjadi pertimbangan bagi penilaian pelamar di hadapan penerima kerja. Urutan yang baik dimulai dari data pribadi, pendidikan, keahlian atau keterampilan, pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi, dan referensi kerja (bila diperlukan). Urutan tersebut harus ditulis dengan runtut dan baik agar penerima kerja bisa membacanya dengan baik. Demikian ulasan mengenai pengertian resume menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts