Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Dokumentasi adalah istilah bentukan dari kata dokumen. Dengan demikian selalu ada keterkaitan antara dokumen dengan dokumentasi. Kalau begitu kita bahas secara singkat dulu mengenai dokumen sebelum membahas mengenai pengertian dokumentasi menurut para ahli. Dokumen bisa disebut sebagai kumpulan data yang konkrit dan didapatkan berdasarkan proses sistem pengelolaan tertentu. Dokumen juga diartikan sebagai sesuatu yang tertulis atau tercetakdan segala benda yang memiliki keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan, atau disebarkan. Dengan demikian, dokumen bisa disimpulkan sebagai segala hal, baik berupa benda, data, gambar, ataupun tulisan, yang dipakai sebagai bukti dan tentunya bisa memberikan keterangan yang penting.

Dari keberadaan dokumen itulah maka muncul istilah dokumentasi. Dokumen dan dokumentasi saling berhubungan dan melengkapi satu sama lain. Dokumentasi adalah sebuah proses pengumpulan data yang sistematis hingga data tersebut dikelola dan menghasilkan dokumen. Tujuan dilakukannya proses dokumentasi itu adalah untuk mendapatkan semua dokumen yang diperlukan dan hal-hal yang membuktikan ada suatu kegiatan atau benda yang bisa didokumentasikan. Jadi, dokumen tidak akan bisa tertata rapi dan terjaga bila tidak ada proses dokumentasi. Sementara itu, dokumentasi tak akan bisa berproses bila tidak ada dokumen. Keduanya saling membutuhkan dan memiliki peran masing-masing.

1

Selain pengertian dokumentasi di atas, ada lagi beberapa pengertian dokumentasi menurut para ahli yang akan diurakan di bawah ini.

  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), dokumentasi adalah pengumpulan, pemilihan, pengolahan, dan penyimpanan informasi di bidang pengetahuan; pemberian atau pengumpulan bukti dan keterangan seperti gambar, kutipan, kliping, dan bahan referensi lainnya.
  • Menurut Ensiklopedia Britania, dokumentasi adalah pengawasan dan penyusunan bibliografi dengan menggunakan alat-alat seperti indeks, inti sari, dan esai, selain bisa juga menggunakan cara tradisional agar informasi tersebut bisa dicapai.
  • Menurut Paul Otlet, dokumentasi adalah suatu kegiatan berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penemuan kembali, dan penyebaran suatu dokumen.
  • Menurut FID (Federation International de Decomentation, dokumentasi adalah proses mengumpulkan dan menyebarkan dokumen-dokumen dari semua jenisnya tentang semua lapangan pekerjaan manusia.

Dokumentasi memiliki berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud meliputi mencari dan mencatat data sebanyak-banyaknya, mengumpulkan bahan-bahan atau dokumen menjadi satu kesatuan, mencatat dokumen agar tidak lupa dan tercecer, mengolah dokumen, memproduksi dokumen, menyajikan dan menyebarluaskan dokumen hasil dari proses produksi kepada pihak-pihak tertentu, serta menyimpan dan memelihara seluruh dokumen agar terpelihara dengan baik jika sewaktu-waktu dokumen tersebut dibutuhkan kembali. Kegiatan-kegiatan tersebut telah sesuai dengan tahapan yang benar.

Dengan mendokumentasikan dokumen-dokumen yang dianggap penting, data-data tersebut akan tertata rapi dan sangat mudah untuk ditemukan kembali. Itu sebabnya segala proses dalam kegiatan dokumentasi harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar bisa memberikan manfaat maksimal bagi pembuat dan juga orang lainnya. Pengertian dokumentasi menurut para ahli juga bisa menjadi referensi bagi kita agar bisa menjalani proses dokumentasi lebih baik lagi. Bahkan untuk kepentingan pribadi, dokumentasi juga penting untuk dilakukan, misalnya saja dokumentasi foto, gambar, tugas sekolah, barang antik, dan sebagainya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts