Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kemiskinan sudah bukan kondisi yang asing lagi bagi negara berkembang seperti Indonesia. Masih banyak sekali rakyatnya yang hidup di bawah garis kemiskinan dan hidup dalam keadaan yang tidak selayaknya. Kondisi yang memprihatinkan inilah yang membuat para ahli mengkaji banyak hal yang berhubungan dengan masalah kemiskinan, seperti faktor penyebabnya, lapisan masyarakat yang berada di kondisi tersebut, cara mengatasinya, dan tentunya kajian tersebut melahirkan banyak pengertian kemiskinan menurut para ahli. Para pakar di bidang ekonomi banyak yang mengkaji dan membahas masalah kemiskinan dengan menggunakan istilah standar hidup, pendapatan, dan distribusi pendapatan yang dilakukan oleh masyarakat. Para psikolog mengkajinya dari sisi yang berbeda, yakni stratifikasi sosial, kelas, dan marjinalitas di masyarakat. Sedangkan para pengamat sosial mengkaji kemiskinan dari tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, dan kondisi sosial mereka secara umum.

                Pengertian kemiskinan secara umum adalah keadaan tidak berharta, berpenghasilan rendah, dan serba kekurangan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Kemiskinan jugabisa diartikan sebagai suatu situasi, baik berupa proses maupun akibat, dimana seseorang tidak mampu untuk berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam suatu negara, keadaan miskin biasa diikuti olek kondisi yang terbelakang. Keterbelakangan ini bisa berupa keterbelakangan ekonomi, keterbelakangan pendidikan, keterbelakangan teknologi, dan lain sebagainya. oleh karena itu, kemiskinan dan keterbelakngan bisa dikatakan saling berkaitan dan keadaan yang selalu bersamaan. Kedua kondisi tersebut mampu membuat manusia merasa lemah secara fisik dan mental sehingga negara yang mengalami keduanya harus mampu bangkit dan berkembang untuk terbebas.

3

                Pengertian kemiskinan menurut para ahli disampaikan oleh banyak pakar di bidang ekonomi, sosial, psikologi, dan bidang-bidang lainnya. Hal ini karena topik mengenai kemiskinan bisa memengaruhi berbagai sektor kehidupan. Berikut ini paparan mengenai pengertian tersebut.

  • Menurut Ellis, kemiskinan adalah sebuah gejala multidimensional yang bisa dikaji dari dimensi ekonomi dan sosial politik.
  • Menurut Faturachman dan Marcelinus Molo, kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.
  • Menurut BAPPENAS, kemiskinan adalah situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya.
  • Menurut Friedman, kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial berupa asset, sumber keuangan, organisasi sosial politik, jaringan sosial, barang atau jasa, pengetahuan dan keterampilan, serta informasi.
  • Menurut Reitsma dan Kleinpenning, kemiskinan adalah ketidakmampuan individu untuk memenuhi kebutuhannya, baik yang bersifat material maupun non-material.
  • Menurut Suparlan, kemiskinan adalah standar tingkat hidup yang rendah karena kekurangan materi pada sejumlah atau golongan orang bila dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.
  • Menurut Levitan, kemiskinan adalah kekurangan barang dan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang layak.

                Berdasarkan pengertian kemiskinan menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa kemiskinan bisa dipandang dari berbagai macam segi. Pertama, kemiskinan dari segi subsistem, yakni penghasilan atau pendapatan yang tidak mencukupi. Kedua, kemiskinan dari segi ketidakmerataan, yakni posisi seseorang dalam sebuah kelompok yang tidak sama dengan orang lain. Dan ketiga, kemiskinan dari segi eksternal, yakni konsekuensi sosial terhadap masyarakat di sekitarnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts