Pengertian Danau Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pengertian danau menurut para ahli sudah mulai dipelajari anak-anak sejak berada di bangku sekolah. Danau memang salah satu fenomena alam yang termasuk dalam bidang ilmu Geografi. Fenomena alam ini berupa kumpulan air yang biasanya dijadikan sebagai tempat wisata yang mampu menarik banyak sekali wisatawan. Apalagi bila danaunya memiliki berbagai macam ciri khas yang unik dan tak ada duanya, seperti Danau Toba di Sumatra yang sangat memukau karena keberadaan Pulau Samosir di tengah-tengahnya. Danau juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja sebagai PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, tempat usaha perikanan, sumber air bagi persawahan, dan sebagainya.

Danau adalah cekungan besar pada permukaan bumi yang terisi air, baik tawar maupun asin, dan di sekitar cekungan dikelilingi oleh daratan. Danau juga bisa diartikan sebagai sejumlah air yang menggenang dan sangat luas, mulai dari beberapa meter persegi hingga ratusan meter persegi. Pengertian danau menurut Wikipedia adalah sejumlah air, baik asin maupun tawar, yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, terjadi karena gletser yang mencair, aliran sungai , atau adanya mata air. Meski dalam beberapa pengertian danau disebutkan bisa berisi air asin, tetapi kenyataannya danau lebih sering berisi dengan air tawar dan di dataran dengan permukaan lebih tinggi.

2

Dalam pengertian danau menurut para ahli, banyak sekali jenis danau yang bisa dilihat dari berbagai hal. bila dilihat dari proses terjadinya, danau bisa dibedakan menjadi tujuh jenis danau, yakni danau tektonik, danau vulkanik, danau tektovulkanik, danau bendungan alami, danau karst, danau glasial, dan danau buatan. Danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena patahan. Danau vulkani adalah danau yang terbentuk akibat aktivitas gunung berapi. Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk karena aktivitas tektonik dan vulkanik. Danau bendungan alami adalah danau yang terbentuk akibat sungai terbendung aliran lava. Danau karst adalah danau yang terbentuk karena pelarutan tanah kapur. Danau glasial adalah danau yang terbentuk karena es yang mencair. Danau buatan adalah danau yang memang sengaja dibuat oleh manusia melalui berbagai aktivitas.

Danau sebagai suatu tempat berair dengan volume yang cukup banyak memiliki beberapa macam daerah di dalamnya. Ada empat daerah dalam danau yang diklasifikasikan berdasarkan pada kedalaman air danau tersebut. Keempat daerah tersebut adalah daerah litoral, daerah limnetik, daerah profundal, dan daerah bentik. Daerah litoral adalah daerah paling dangkal dari sebuah danau sehingga masih bisa ditembus oleh cahaya matahari. Daerah limnetik adalah daerah yang jauh dari tepi, tetapi masih bisa ditembus oleh cahaya matahari. Daerah profundal adalah daerah yang sudah termasuk dalam, disebut juga dengan daerah afotik danau. Dan terakhir adalah daerah bentik, daerah ini merupakan daerah terdalam dari sebuah danau karena itu disebut dengan daerah dasar danau. Ulasan mengenai pengertian danau menurut para ahli di atas telah dipaparkan secara lengkap dan terperinci. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam menambah informasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian syair , pengertian dokumen , pengertian danau , pengertian kemiskinan , pengertian jual beli , pengertian resume , pengertian repeater , pengertian zuhud , pengertian hardisk , pengertian nkri , pengertian vitamin

Related Posts