Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kegiatan menulis pasti bukanlah hal yang awam dalam kehidupan manusia sehari-hari. Menulis dilakukan hampir setiap hari meski kadarnya berbeda-beda. Secara istilah, menulis bisa diartikan sebagai coretan di sebuah bahan yang bisa dibaca dan dimengerti oleh orang lain. Namun, pengertian menulis secara luas dan ilmiah tidak sesederhana itu. Bahkan, telah banyak pengertian menulis menurut para ahli yang telah muncul dan bisa dipelajari. Hal itu menandakan bahwa kegiatan menulis bukanlah hal yang sepele. Di zaman yang serba modern dan canggih ini, menulis tidak hanya berupa mencoret angka atau huruf dengan alat tulis, kegiatan mengetik pun bisa disebut dengan menulis. Lalu, apa sebenarnya menulis itu?

                Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan ide, gagasan, pikiran, dan perasaan seseorang melalui bahasa tulis. Menulis juga bisa diartikan sebagai kegiatan menyampaikan ide dan gagasan melalui bentuk tulisan dengan harapan pembaca atau orang lain bisa memahami perasaan penulis dan tulisan tersebut bisa digunakan untuk alat komunikasi secara tidak langsung. Proses penyaluran ide dari penulis kepada pembaca memang tidak mudah dan terjadi secara tidak langsung. Terkadang pembaca tidak mengenal secara pribadi penulis tersebut, tetapi mampu mamahami apa yang diinginkan, dipikirkan, dan dirasakan oleh penulis itu. Jika hal itu terjadi, berarti penulis sudah mampu menjalankan tugasnya sebagai seorang penulis yang sebenarnya.

4

                Pengertian menulis menurut para ahli dipaparkan oleh banyak ahli. Tak hanya itu, pengertian menulis juga telah dikemukakan oleh banyak penulis berbakat di seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa definisi mengenai menulis yang bisa dipelajari dan dipahami sebagai definisi yang ilmiah.

  • Menurut McCrimmon, menulis adalah suatu kegiatan untuk menggali pikiran dan perasaan tentang subjek atau objek, memilih bahan tulisan, menentukan cara menulis sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas.
  • Menurut Pranoto, menulis adalah menuangkan pikiran atau menceritakan sesuatu dalam bentuk tulisan sebagai komunikasi tidak langsung.
  • Menurut Djuharie, menulis adalah suatu keterampilan yang bisa dilatih dan dibina.
  • Menurut Asma Nadia, menulis adalah sebuah jalan terbaik untuk berbicara dan menyampaikan protes kepada banyak orang.
  • Menurut Djago Tarigan, menulis adalah mengekspresikan gagasan, ide, pendapat, pikiran, atau perasaan.
  • Menurut Sabarti Akhadiah, menulis adalah mengorganisasikan gagasan atau ide secara sistematis dan mengungkapkannya secara tersurat.
  • Menurut Henry Guntur Tarigan, menulis adalah suatu kegiatan menuangkan ide atau gagasan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampainya.
  • Menurut M. Atar Semi, menulis adalah suatu proses kreatif untuk memindahkan gagasan ke dalam lambang-lambang tulisan.
  • Menurut Barli Bram, menulis adalah suatu usaha yang dilakukan untuk membuat atau mengulang tulisan yang sudah ada sebelumnya.
  • Menurut Lado, menulis adalah meletakkan simbol-simbol grafis yang mewakili sebuah bahasa dan dimengerti oleh orang lain.
  • Menurut Las Hs, menulis adalah suatu seni mengekspresikan ide atau perasaan melalui tulisan.

                Berdasarkan pengertian menulis menurut para ahli di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa menulis memiliki tujuan-tujuan yang sangat khusus. Tujuan-tujuan tersebut adalah memberitahukan atau menjelaskan, meyakinkan atau mendesak, menceritakan sesuatu, memengaruhi pembacanya, dan menggambarkan sesuatu. Kesemua tujuan tersebut bisa dicapai dengan kegiatan menulis tergantung dengan isi yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Menulis adalah kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang. Selamat menulis.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts