Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Berbicara mengenai struktur organisasi selalu dikaitkan dengan sebuah perkumpulan yang menamai dirinya sebagai suatu organisasi, baik itu organisasi resmi atas nama lembaga maupun organisasi tidak resmi yang dibuat oleh masyarakat. Struktur organisasi juga berhubungan erat dengan tujuan organisasi itu dibentuk dan dijalankan. Pengertian struktur organisasi menurut para ahli akan mengupas lebih lanjut mengenai hal tersebut. Selain itu juga bisa dipelajari untuk mengetahui segala hal yang penting dalam suatu organisasi karena isi organisasi tidak hanya strukturnya saja. Ada banyak hal yang bisa dipelajari.

                Struktur organisasi terbentuk dari dua kata, struktur yang bermakna cara sesuatu dibangun atau disusun dan organisasi yang bermakna wadah untuk berkumpul yang terdiri atas dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga struktur organisasi didefinisikan sebagai suatu susunan yang saling berhubungan antara setiap bagian, baik secara posisi maupun tugas, yang terdapat di dalam sebuah perkumpulan yang melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Struktur organisasi dibentuk dan disepakati oleh seluruh anggota di organisasi tersebut. Struktur organisasi memegang peranan penting dalam sebuah organisasi karena kepemimpinan dan pengambilan keputusan tertinggi terdaoat di dalamnya.

10

                Pengertian struktur organisasi menurut para ahli dikemukakan oleh Robbins. Menurutnya, struktur organisasi adalah pengakuan sebuah organisasi mengenai kebutuhan untuk membicarakan dan mengkoordinasikan pola interaksi para anggotanya secara formal. Struktur organisasi bisa diisi oleh orang-orang yang berperan penting dalam organisasi tersebut. Struktur organisasi memberikan gambaran pemisahan kegiatan antara satu dengan yang lain dan hubungan aktivitas dan fungsi yang telah dibatasi. Sebuah struktur organisasi yang baik harus memberikan kejelasan siapa yang memberikan laporan kepada siapa. Dengan kata lain, siapa yang menjadi pemimpin atau ketua dan siapa saja yang menjadi bawahannya. Namun, kesemua posisi tersebut harus saling bekerja sama dan membantu agar tujuan organisasi bisa tercapai.

                Dalam situs Wikipedia, dijelaskan bahwa ada enam elemen kunci yang sangat perlu untuk diperhatikan oleh pemimpin saat membuat struktur dalam sebuah organisasi. Keenam unsur tersebut adalah spesialisasi pekerjaan, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi dan desentralisasi, serta  formalisasi. Keenam unsur tersebut harus ada dalam sebuah struktur organisasi. Kaitannya adalah seperti ini, harus ada orang yang bekerja dengan spesialisasi tertentu dan ditempatkan di departemen yang tepat. Dari masing-masing departemen harus terbentuk rantai komando dan rentang kendali yang baik agar terlihat jelas mana yang harusnya sentralisasi atau desentralisasi. Dan kesemua hal tersebut harus dilakukan secara formal karena bekerja atas nama organisasi.

                Di dalam pengertian struktur organisasi menurut para ahli dimuat pula mengenai desainnya. Desain yang umum digunakan oleh organisasi-organisasi yang telah ada adalah struktur sederhana, birokrasi, dan struktur matriks. Sedangkan desain organisasi modern adalah struktur tim, organisasi virtual, dan organisasi nirbatas. Kesemua desain tersebut bisa dipilih oleh setiap organisasi, tentunya harus disesuaikan dengan tujuan awal organisasi tersebut dibentuk. Karena merancang dan menjalankan sebuah organisasi tidak bisa sembarangan dan harus mengutamakan kepentingan kelompoknya dibandingkan kepentingan pribadi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

 

Related Posts