Pengertian Usaha Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Usaha selalu diidentikkan dengan bisnis, ekonomi, atau hal yang berakhir dengan hasil berupa nominal. Benarkah hal tersebut? Untuk menjabarkan makna usaha, kita akan ulas mengenai pengertian usaha menurut para ahli. Definisi usaha memang bermacam-macam karena bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Usaha bisa dihubungkan dengan bidang ekonomi, bisnis, psikologi, dan bidang-bidang lainnya. Meski begitu, istilah usaha bukanlah sebuah istilah yang awam di telinga kita. Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah terbiasa menggunakan kata ini. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, kita bisa lebih hati-hati dalam menggunakan kata usaha ini dalam pembicaraan sehari-hari.

3

                Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa pengertian usaha menurut para ahli yang diungkapkan dari berbagai sudut pandang.

  • Menurut Harmaizar, usaha (perusahaan) adalah bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus agar mendapatkan keuntungan, baik yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang berbentuk badan hukum atau tidak berbentuk badan hukum, didirikan dan berkedudukan di suatu tempat.
  • Menurut Aip Saripudin, usaha (dalam ilmu fisika) adalah gaya yang diberikan pada benda.
  • Menurut Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, usaha adalah upaya manusia untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Usaha dalam sains adalah gaya yang diberikan suatu benda agar bisa mengubah posisi benda tersebut.
  • Menurut Budi Prasodjo, usaha (ilmu Fisika) adalah hubungan antara gaya dengan perpindahan.
  • Menurut Tetty Yulliawati & Denny Indra Sukry, usaha adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami perpindahan.
  • Menurut Kamajaya, usaha adalah transfer energi melalui gaya sehingga benda berpindah.
  • Menurut Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, dan Kosim, usaha adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Menurut Efrizon Umar, usaha adalah resultan gaya yang bekerja pada benda sehingga benda bergerak dan terjadi perpindahan posisi.

                Kita bisa mengamati beberapa pengertian usaha menurut ahli di atas, bahwasanya istilah usaha memang bisa dimaknai dari berbagai macam bidang dan sudut pandang. Usaha bisa dimaknai daalam ilmu ekonomi, sains, psikologi, bisnis, dan bidang lainnya. Dalam bidang ekonomi, usaha selalu berkaitan erat dengan peluang usaha itu sendiri. Apa itu peluang usaha? Peluang usaha bisa diartikan sebagai kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh wirausahawan agar bisa mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Untuk bisa mendapatkan peluang usaha tentunya tidaklah mudah, seseorang harus mampu bekerja keras dan melakukan banyak pengorbanan. Peluang usaha yang bisa ditangkap dengan baik akan membawa seseorang menuju keberhasilan. Tentunya keberhasilan tersebut akan tercapai dengan usaha maksimal yang dibantu dengan adanya teknologi, komunikasi, dan informasi dari peluang usaha yang dimanfaatkannya.

                Demikian paparan yang berhubungan dengan usaha dan peluang usaha. Ulasan mengenai pengertian usaha menurut para ahli di atas semoga mampu menambah wawasan kita mengenai istilah usaha. Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa usaha memiliki makna yang lebih luas dan beragam. Kita bisa memilih bidang mana yang akan dipelajari lebih lanjut. Tentunya bidang manapun yang dipilih harus disesuaikan dengan makna yang terkandung agar tidak salah makna.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts