Pengertian ASEAN Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Indonesia adalah salah satu negara anggota ASEAN. Apa itu ASEAN? Apa pula pengertian ASEAN menurut para ahli? ASEAN adalah kependekan dari Assoiation of South-East Asian Nations, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara. Jadi, ASEAN merupakan sebuah organisasi yang anggotanya adalah negara-negara yang terletak di Benua Asia bagian tenggara. Organisasi ini bergerak di bidang ekonomi, geopolitik, sosial, budaya, dan bidang-bidang lainnya. Sejauh ini anggota ASEAN berjumlah 10 negara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, SIngapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Dari kesepuluh negara tersebut, lima negara di urutan awal merupakan negara-negara pemrakarsa berdirinya ASEAN.

                ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Ada lima tokoh pemrakarsa berdirinya ASEAN yang merupakan perwakilan tiap negara pemrakarsa, yakni Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratman dari Singapura, dan Thanan Khoman dari Thailand. Selanjutnya kelima negara lainnya bergabung secara berurutan Brunei Darussalam tanggal 7 Januari 1984, Vietnam tanggal 28 juli 1995, Laos tanggal 23 Juli 1997, Myanmar tanggal 23 juli 1997, dan Kamboja tanggal 16 Desember 1998.

                Selain terbentuknya ASEAN, pada tanggal 8 Agustus juga telah tercetus sebuah deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Pengertian ASEAN menurut para ahli memang tidak terdapat di dalamnya, tetapi ada isi dari deklarasi ini yang sangat penting bagi kehidupan rakyat di Asia Tenggara, yakni.

1

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
  • Meningkatkan kerjasama dan saling membantu kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  • Memelihara kerjasama yang erat di tengah- tengah organisasi regional dan internasional
  • Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

                Tentunya ASEAN dibentuk dengan tujuan yang telah direncanakan oleh para pemrakarsanya. Tujuan-tujuan tersebut harus mampu diwujudkan dalam tindakan. ASEAN memiliki tujuan utama untuk eningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, tak lupa pula pengembangan budaya dengan cara menjalin persahabatan dan melakukan berbagai macam kerja sama internasional. Tujuan lainnya bisa dijabarkan seperti meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional, meningkatkan kerjasama di bidang pariwisata, saling memberi bantuan dalam bidang pendidikan dan administrasi, serta meningkatkan penggunaan pertanian dan industri yang kesemua tujuan tersebut pastinya ditujukan untuk negara-negara yang berada di kawasan Asia tenggara.

                Pengertian ASEAN menurut para ahli selalu membicarakan pula mengenai prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh para anggotanya.  Dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip tersebut diharapkan perhimpunan beberapa bangsa ini bisa untuk saling enghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah, dan juga identitas nasionalnya. Selain itu, setiap negara tidak diperkenankan mencampuri urusan dalam negeri negara lainnya kecuali bila dimintai pertolongan. Sesuai dengan tujuannya yang menjunjung tinggi perdamaian dan kerjasama dengan anggotanya, tentunya ASEAN berprinsip untuk menyelesaikan permasalahan secara damai dan melakukan kerjasama efektif antar anggotanya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts