Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Berbicara mengenai filsafat memang bukan hal yang mudah. Materi ini bukanlah bahan perbincangan ringan yang bisa dibicarakan sambil minum kopi di warung-warung pinggri jalan. Filsafat merupakan sebuah ilmu yang sangat kompleks dan tidak mudah, beitupun dengan filsafat ilmu. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari. Mempelajari ilmu filsafat sangatlah penting karena bisa mencakup berbagai macam ilmu. Seorang ahli filsafat pernah berkata bahwa ilmu filsafat adalah dasar dari segala jenis ilmu. Pengertian filsafat ilmu mengenai para ahli mungkin bisa menjadi dasar dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan filsafat. Karena pada dasarnya mempelajari sesuatu harus dimulai dari memahami makna atau definisinya.

                Filsafat ilmu dibentuk dari dua kata dasar, yakni filsafat dan ilmu. Secara umum, filsafat adalah pandangan hidup individu atau kelompok yang berupa konsep dasar mengenai kehidupan yang diimpi-impikan. Selain itu, filsafat juga bisa dimaknai sebagai sikap seseorang dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan melihat dari berbagai macam segi dengan segala hubungannnya. Sedangkan pengertian ilmu, seperti yang diungkapkan oleh Asmadi, adalah  pengetahuan yang padat dan prosesnya didapat melalui penyelidikan sistematis dan terkendali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa filsafat ilmu adalah sesuatu yang menampung masalah yang berhubungan dengan kegiatan ilmiah atau keilmuan.

5

                Pengertian di atas bisa dipertegas dengan pengertian filsafat ilmu menurut para ahli. Berikut ini ada beberapa definisi yang dikemukakan oleh para pakar.

  • Menurut May Brodbeck, filsafat ilmu adalah analisis netral secara etis dan filsafat.
  • Menurut Robert Ackermann, filsafat ilmu  adalah tinjauan kritis mengenai pendapat ilmiah dewasa dengan perbandingan terhadap pendapat lampau yang telah dibuktikan atau dalam kerangka ukuran yang dikembangkan dari pendapat tersebut.
  • Menurut Cornelius Benjamin, filsafat ilmu adalah salah satu cabang pengetahuan filsafat yang berupa telaah sistematis tentang sifat dasar ilmu.
  • Menurut Conny Semiawan, filsafat ilmu adalah ilmu mengenai ilmu pengetahuan yang kedudukannya berada di atas ilmu-ilmu lainnya.
  • Menurut Lewis White Beck, filsafat ilmu adalah sesuatu yang mempertanyakan dan menilai metode pemikiran ilmiah serta menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
  • Menurut John Macmurray, filsafat ilmu adalah sesuatu yang bersangkutan dengan pemeriksaan kritis terhadap pandangan umum dan prasangka alamiah yang terkandung dalam asumsi ilmu.
  • Menurut Peter Caws, filsafat ilmu adalah bagian filsafat yang berbuat seperti filsafat pada umumnya pada seluruh pengalaman manusia.
  • Menurut Michael V. Berry, filsafat ilmu adalah penelaah tentang logika interen dari teori ilmiah dan hubungan antara percobaan dan teori.
  • Menurut jujun Suriasumantri, filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat pengetahuan yang mapu menjawa berbagai pertanyaan mengenai hakikat ilmu.

                Berdasarkan pengertian filsafat ilmu menurut para ahli di atas kita bisa mengetahui bahwa keberadaan filsafat dalam keilmuan memang sangat diperlukan. Filsafat dan ilmu pada dasarnya memiliki objek yang sama dalam kajiannya, yakni objek material dan objek formal. Objek material adalah sesuatu yang bisa dijadikan sebagai sasaran penyelidikan atau pembelajaran. Sedangkan objek formal adalah metode yang dipakai untuk memahami objek materialnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts