Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membahas mengenai pembelajaran memang tidak akan ada habisnya. Selalu ada saja topik dan sub topik menarik yang bisa dibahas. Hal ini karena pembelajaran merupakan materi pembahasan yang selalu berkembang mengikuti keadaan dan situasi belajar yang ada. Seperti saat ini, maraknya pembicaraan mengenai Kurikulum 2013 membuat pembelajaran kembali menjadi topik menarik untuk dibahas. Salah satu hal dari pembelajaran yang menari adalah strategi pembelajaran. Apa itu strategi pembelajaran? Mengap hal tersebut banyak dibahas dalam berbagai kesempatan? Seperti apa pula pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli? Semua pertanyaan itu membuat strategi pembelajaran menjadi salah satu fokus dalam dunia pendidikan dan sistem belajar mengajar.

                Secara sederhana, strategi pembelajaran diartikan sebagai rangkaian rencana atau strategi yang di dalamnya mencakup tentang metode dan pemanfaatan sumber daya dalam suatu proses belajar. Strategi atau rencana pembelajaran yang disusun jelas dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, khususnya dalam kaitannya dengan interaksi antara guru dan siswa. Dalam strategi pembelajaran terdapat unsur-unsur penting dalam proses belajar, seperti model, metode, dan teknik pembelajaran yang diuraikan secara rinci dan lengkap. Keberhasilan strategi pembelajaran dapat dilihat dari berhasil atau tidaknya siswa melampaui batasan minimal hasil belajar, yang dikenal dengan SKM (Standar Kemampuan Minimal). Seorang guru dikatakan berhasil menerapkan strategi pembelajaran yang tepat bila siswa yang diajarnya mampu memahami materi dan menerapkan tujuan pembelajaran dengan baik.

9

                Untuk lebih memahami mengenai strategi pembelajaran, berikut ini adalah pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli.

  • Menurut Hilda Taba, strategi pembelajaran adalah pola guru untuk menampung semua variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
  • Menurut Hamzah B. Uno, strategi pembelajaran adalah sesuatu yang harus diperhatikan guru dalam proses belajar.
  • Menurut Syaiful Bahri dan Aswan Zain, strategi pembelajaran adalah pola umum kegiatan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar yang sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Menurut Suparman, strategi pembelajaran adalah gabungan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasi materi pelajaran, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
  • Menurut Miarso, strategi pembelajaran adalah konsisi yang dibuat oleh guru agar siswa difasilitasi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Menurut Gerlach dan Ely, strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih guru untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan tertentu.
  • Menurut Kemp, stategi pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
  • Menurut Dick dan Carey, strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari materi, termasuk di dalamnya kegiatan pembuka dan partisipasi peserta didik, berupa prosedur pembelajaran yang digunakan pada kegiatan selanjutnya.
  • Menurut Romiszowski, strategi pembelajaran adalah pandangan umum mengenai serangkaian tindakan yang didapat dari perintah terpilih untuk metode pembelajaran.

                Dari beberapa pengertian strategi pembelajaran menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar. Strategi pembelajaran bisa memengaruhi hasil yang dicapai di akhir pembelajaran. Tentunya strategi yang dirancang harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian motivasi belajar , pengertian asean , pengertian pemimpin , pengertian usaha , pengertian scanner , pengertian filsafat ilmu , pengertian emosi , pengertian liberalisme , pengertian lemak , pengertian strategi pembelajaran , pengertian tenaga kerja , pengertian biosfer

Related Posts