Manfaat khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan

 Kesehatan

Selama ini, setiap kali membicarakan mengenai kacang tanah selalu diidentikkan dengan masalah jerawat. Apakah benar bahwa mengonsumsi kacang tanah bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Ternyata hal tersebut hanya mitos belaka karena jerawat pada dasarnya bukan disebabkan oleh konsumsi minyak tanah, melainkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, seperti jarang membersihkan muka sebelum tidur. Terlepas dari mitos tersebut, kacang tanah merupakan salah satu makanan yang bergizi. Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh telah lama diketahui oleh masyarakat. Berbagai penelitian telah menjelaskan mengenai hal tersebut. Di Indonesia sendiri, kacang tanah sangat mudah untuk dijumpai karena termasuk salah satu jenis kacang yang popular di masyarakat.

Kacang tanah memiliki nama Latin Arachis Hypogaea L yang merupakan keluarga Fabaceae berjenis polong-polongan. Tanaman kacang ini memiliki ciri fisik setinggi 30 – 50 cm dan berdaun kecil. Kacang tanah dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Kacang tanah memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi, selain itu juga mengandung zat besi, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin K, kalsium, fosforus, lesitin, dan kolin. Kacang tanah juga mengandung bahan-bahan yang mampu membangun ketahanan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Fakta selanjutnya menyebutkan bahwa kacang tanah memiliki jumlah kalori yang cukup banyak, lemak tak jenuh, rendah kolesterol, dan juga sodium.

3

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat melimpah seperti itu, sangat tidak mengherankan bila manfaat kacang tanah untuk kesehatan juga luar biasa banyaknya. Sebuah sumber menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi segenggam kacang tanah secara rutin setiap hari akan membantu seseorang dalam penyembuhan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus. Selain itu, berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi kacang tanah.

  • Menurunkan risiko terserang penyakit jantung karena kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat.
  • Meningkatkan kesuburan dan mencegah risiko bayi terlahir dengan caact tabung syaraf karena kandungan asam folatnya.
  • Menurunkan depresi karena triptofan mampu memproduksi serotonin yang dikenal sebagai zat antidepresi.
  • Menurunkan berat badan sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet sehat.
  • Mencegah penyakit batu empedu
  • Meningkatkan kemampuan otak karena vitamin B3 atau niasin mampu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kekuatan memori atau daya ingat.
  • Membantu mengatur kadar gula di dalam darah karena kandungan mineral di dalamnya mampu menyerap kalsium dan meregulasi gula darah.
  • Mengontrol kolesterol, yakni meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat dengan kandungan vitamin B3 di dalamnya.
  • Melindungi diri dari penyakit kanker karena kandungan beta-sitoserol yang banyak ditemukan dalam polong-polongan.

Selain dikonsumsi dengan cara direbus, digoreng bawang, atau disangrai, kacang tanah juga bisa diolah menjadi selai kacang. Kandungan gizi dan nutrisinya tidak berubah, bahkan manfaatnya tidak kalah bila dibandingkan dengan manfaat kacang tanah untuk kesehatan di atas. Pengolahan kacang tanah menjadi selai malah akan menambah cita rasa nikmat dan bisa dikonsumsi dengan roti atau bahan lainnya. dengan cara apapun kita mengonsumsi kacang tanah, pastikan kita bisa mendapatkan khasiatnya dengan sangat baik agar bisa bermanfaat bagi tubuh.

Related Posts