Manfaat Masker Buah Bengkoang untuk Wajah

 Kesehatan

Bengkoang telah lama dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, baik itu kulit tubuh maupun kulit wajah. Bengkoang juga dapat dipakai sebagai masker untuk kesehatan kulit wajah Anda. Manfaat masker buah bengkoang untuk wajah sudah bukan suatu hal yang baru lagi. Sejak dulu bengkoang memang kerapkali dipakai sebagai bahan alami pembuatan berbagai produk kosmetik, seperti pelembab, body lotion, sabun mandi, sabun muka, dan produk kecantikan lainnya. Bagi konsumen, produk kecantikan berbahan dasar bengkoang biasa menjadi prioritas utama karena telah mengetahui manfaat dan khasiatnya bagi kulit. Manfaat bengkoang bagi wajah tak hanya bisa diaplikasikan dengan masker, dikonsumsi secara langsung sebagai buah juga mampu memberikan manfaat bagi kulit.

Buah dengan nama Latin Pachyrizus Erosus ini adalah salah satu bagian dari suku polong-polongan yang banyak tumbuh di daerah tropis. Tanaman bengkoang berakar panjang hingga 5 meter. Bagian dari tanaman bengkoang yang bisa dikonsumsi adalah umbinya. Bagian lain tidak bisa dikonsumsi karena berbahaya dan beracun. Hal tersebut dikarenakan mengandung ritenon, yakni salah satu bahan yang sering dipakai untuk membunuh serangga, tikus, atau untuk racun ikan. Umbi bengkoang, yang biasa dikenal sebagai buahnya, memiliki kandungan beberapa vitamin dan nutrisi yang sangt baik bagi tubuh. Kandungan tersebut adalah sari pati, gula, fosfor, kalsium, kadar air yang tinggi, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, rotenom, dan pachyrhizon.

2

Dengan berbagai jenis kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan kulit tersebut, tak heran bila bengkoang selalu menjadi primadona dalam perawatan kulit, terutama kulit wajah. Berikut ini adalah manfaat masker buah bengkoang untuk wajah.

  • Mengurangi bintik hitam atau flek hitam pada kulit yang muncul sebagai akibat dari jerawat. Anda bisa mengatasinya dengan parutan buah bengkoang yang langsung ditempelkan pada wajah selama 15 – 30 menit.
  • Mencerahkan kulit yang terlihat kusam dan gelap akibat dari terkena polusi, radikal bebas, paparan sinar matahari langsung, dan kotoran lainnya. Caranya dengan memakai masker parutan bengkoang dan menjadikan parutan bengkoang sebagai bedak dingin.
  • Mengencangkan kulit dan menjadikannya terlihat lebih sehat dan awet muda dengan mengaplikasikan kedua cara di atas, baik digunakan sebagai masker maupun bedak dingin.
  • Menjadikan wajah terlihat lebih putih dan cerah karena bengkoang dipercaya sebagai masker pemutih alami dan biasanya dimanfaatkan pula sebagai bahan kosmetik pemutih wajah.
  • Menyegarkan kulit wajah karena kandungan air yang sangat banyak mampu membuat wajah menjadi segar setelah memakai masker bengkoang.

Mengolah bengkoang menjadi masker tidaklah terlalu sulit. Anda bisa memulainya dengan memarut bengkoang yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian peras dengan menggunakan kain bersih dan ambil bagian airnya saja. Diamkan air perasan tesebut di sebuah wadah hingga terpisah antara air dan saru pati di bawahnya. Buang air yang berwarna bening. Bersihkan wajah dengan air kemudian sapukan endapan sari pati bengkoang tersebut menggunakan kuas kecil khusus untuk wajah. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu dua kali dan rasakan langsung manfaat masker buah bengkoang untuk wajah.

Related Posts