Ini Dia Manfaat Buah Carica (Pepaya Gunung)

 Kesehatan

Pernah mendengar mengenai buah carica? Atau mungkin Anda lebih mengenalnya dengan sebutan pepaya gunung. Buah ini memang salah satu jenis buah yang masih asing di telinga kita, apalagi  penyebutannya yang tergolong unik membuat banyak orang bertanya-tanya. Mengapa disebut dengan nama pepaya gunung? Karena ternyata buah ini banyak terdapat di dataran tinggi gunung dieng dan menjadi salah satu komoditi andalan untuk wisatawan di sana. Ini dia manfaat buah carica (pepaya gunung) mungkin hampir sama dengan buah pepaya pada umumnya, hanya saja karena ditanam di suhu udara yang relatif lebih dingin mungkin ada hal lain yang sedikit berbeda yang perlu untuk diketahui bersama sebagai bahan pembelajaran baru.

Carica adalah buah dengan nama Latin Carica Pubescens yang termasuk dalam golongan family Pepaya. Namun, buah yang satu ini memiliki sifat yang berkebalikan dengan pepaya pada umumnya yang biasa tumbuh di tempat panas, carica merupakan salah satu buah yang hidup di dataran tinggi pegunungan dengan hawa sejuk dan dingin. Perbedaan lainnya adalah buah carica memiliki kandungan enzim papain lebih rendah dibandingkan pepaya pada umumnya, tetapi seluruh enzim papain yang terkandung di dalam carica dapat diserap tubuh dengan baik dan memengaruhi produksi hormon pertumbuhan pada manusia. Selain itu, carica juga mengandung arginine, yakni salah satu zat penghambat kanker pada tubuh manusia. Buah carica juga mengandung vitamin E, vitain C, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

1

Beragam kandungan tersebut membuat buah carica kaya akan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Ini dia manfaat buah carica (pepaya gunung) untuk kesehatan dan pengobatan beberapa jenis penyakit.

  • Mampu membantu proses pencernaan dan membantu membuang kotoran karena kandungan zat enzim papain dan serat yang tinggi.
  • Kandungan papain di dalam carica juga mampu bersifat antiseptic, yakni membunuh bakteri jahat di dalam usus dan menormalkan pH di dalam usus.
  • Kandungan serat yang tinggi mampu mencegah sembelit dan mencegah terjadinya kanker kolon.
  • Mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang lebih besar dibandingkan dengan buah jeruk.
  • Vitamin C juga dapat membantu pembentukan kolagen sehingga mengurangi tampilan kerutan pada wajah Anda.
  • Menjaga kesehatan mata dan memberikan nutrisi tambahan pada penderita rabun senja karena kandungan vitamin A yang tinggi seperti wortel.
  • Vitamin E berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari.
  • Vitamin B kompleks mampu memberikan energi tambahan pada tubuh saat beraktivitas dan sekaligus membantu proses metabolisme tubuh Anda.

Berbagai manfaat dari buah carica ternyata tidak kalah dengan buah pepaya yang lebih popular di sekitar kita. Carica atau pepaya gunung memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pepaya, tetapi teksturnya lebih beruas seperti labu siam. Warnanya hijau tua saat mentah dan berubah kuning cerah saat matang, berbeda dengan pepaya yang biasanya berwarna merah jingga saat sudah masak. Ini dia manfaat buah carica (pepaya gunung) bisa menjadi alasan bagi Anda untuk mulai menyukai buah unik ini.

Related Posts