Pengertian Bridge Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Bridge Menurut Para Ahli adalah – Pernahkah Anda mendengar istilah bridge? Bagi Anda yang sering berkecimpung di dunia teknologi dan internet, istilah bridge mungkin sudah tidak asing lagi. Tinggal mempelajari mengenai pengertian bridge menurut para ahli yang akan menambah pengetahuan menjadi lebih lengkap. Bagi Anda yang belum mengetahui juga bisa mempelajari dari pengertiannya agar bisa mengetahui konsep terlebih dahulu. Bridge merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam koneksi internet karena berhubungan dengan jaringan, dan seperti kita ketahui bahwa jaringan merupakan hal terpenting dalam koneksi internet.

Bridge dapat diartikan sebagai sebuah komponen jaringan yang dipakai untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jarngan tertentu. Selain itu, bridge juga bisa dipakai untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, misalnya antara media kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) dengan kabel serat optik. Bridge juga bisa diartikan sebagai suatu perangkat jaringan yang memfilter lalu lintas data pada jaringan komputer dan mengurangi jumlah lalu lintas yang ada pada LAN dengan membaginya menjadi dua buah segmen. Bridge ini beroperasi pada layer 2 OSI model. Tugas dari bridge adalah untuk memeriksa setiap frame yang masuk dan di dalamnya ada MAC pengirim dan tujuan, lalu meneruskannya atau tidak ke penerima pada segmen tersebut.

8

Di dalam pengertian bridge menurut para ahli juga termuat keuntungan dan kerugian penggunaan bridge. Berikut ini adalah pemaparan keuntungan dan kerugian tersebut.

Keuntungan penggunaan bridge

  1. Mengurangi tabrakan pada saat pengiriman paket dalam jaringan.
  2. Memungkinkan koneksi pada jenis network yang berbeda.
  3. Mengembangkan kapasitas network dengan risiko kepadatan traffic.
  4. Memperluas atau menambah jarak dari network yang ada.
  5. Memindahkan data melalui intermediate network dengan protokol yang berbeda.

Kerugian penggunaan bridge

  1. Membutuhkan bandwidth yang lebih besar.
  2. Bridge akan membroadcast alamat yang tidak dikenal pada segmen jaringan yang terkoneksi dan dapat menyebabkan broken.
  3. Tidak mampu memblokir paket data yang dikirimkan kepadanya.
  4. Menambah delay pada jaringan.
  5. Hanya memiliki satu broadcast domain.

Agar bridge yang Anda miliki awet dan tahan lama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut bisa membuat bridge berfungsi dengan baik dan normal dalam menjalankan tugasnya, yakni mengatur segmen jaringan. Cara-cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Taruh bridge pada suhu ruangan di bawah 25o C, khususnya untuk bridge yang berfungsi untuk mendukung server dan perangkat stand by 24 jam.
  2. Sesuaikan load dengan kapasitas bandwidth yang dimiliki. Dengan begitu kinerja bridge akan maksimal dan tidak cepat rusak.
  3. Konfigurasikan bridge yang Anda miliki dengan tenaga ahli seorang network administrator untuk melakukan pengaturan yang baik dan benar.

Demikian ulasan mengenai pengertian bridge menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda yang memang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai dunia internet dan komunikasi. Bridge sebagai salah satu komponen yang penting dalam jaringan internet memang patut untuk terus dipelajari dan dikembangkan.

Related Posts