Pengertian Geologi Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli adalah – Berbicara mengenai Geologi membuat kita akan teringat tentang ilmu Geografi. Apakah ada kaitan di antara keduanya? Mungkin istilah Geologi tidak banyak dikenal seperti istilah Geografi, tetapi keberadaan Geologi sangat penting khususnya bagi para peneliti. Geologi juga merupakan suatu ilmu yang sampai saat ini masih banyak diteliti. Oleh karena itu, masih banyak bermunculan pengertian Geologi menurut para ahli di bidang-bidang ilmu tersebut. Orang yang terampil dan menguasai ilmu Geologi disebut dengan ahli atau pakar Geologi. Untuk lebih jelasnya mengenai Geologi, ulasan di bawah ini akan membantu Anda.

Geologi berasal dari bahasa Yunani geo yang bermakna bumi dan logos yang bermakna ilmu. Jadi, Geologi secara harfiah bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai bumi. Orang yang mempelajari mengenai Geologi disebut dengan Geologist. Secara umum, Geologi bisa diartikan sebagai suatu bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian yang mempelajari segala sesuatu tentang Planet Bumi beserta isinya. Ilmu ini juga membahas mengenai sifat-sifat dan bahan-bahan yang membentuk bumi, proses dan struktur yang bekerja di dalam dan di atas permukaan bumi. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa Geologi merupakan suatu ilmu yang kompleks, tetapi cukup menarik untuk dipelajari. Istilah Geologi sendiri pertama kali dipakai tahun 1473 oleh Richard de Bury untuk Ilmu Hukum dan Kebumian.

7

Istilah Geologi juga didefinisikan oleh banyak pakar karena ketertarikan mereka terhadap kajian ilmu satu ini. Berikut ini adalah pengertian Geologi menurut para ahli yang berhasil dirangkum.

  • Menurut Munir, Geologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai gejala-gejala yang berkenaan dengan proses terbentuknya bumi, keberadaan bumi, dan fenomena lainnya yang berkaitan dengan bentuk-bentuk alam.
  • Menurut Brooks, Geologi adalah ilmu pengetahuan bumi yang berisi mengenai asal, struktur, komposisi, dan sejarahnya, serta proses yang telah membuat keadaan bumi menjadi seperti sekarang.
  • Menurut Noer Aziz M., Geologi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai bumi dan termasuk dalam kelompok ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh, mulai dari asal mula, struktur, komposisi, sejarah, dan proses-proses alam yang telah dan sedang berlangsung di dalamnya sehingga menjadi bumi seperti sekarang ini.
  • Menurut Katili, Geologi adalah pengetahuan mengenai bumi yang menyelidiki lapisan-lapisan batuan yang ada di dalam kerak bumi.
  • Menurut Holmes, Geologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengurai mengenai evolusi bumi secara menyeluruh serta penghuni di dalamnya, mulai dari awal pembentukan hingga saat ini yang bisa dikenali dari bebatuan.
  • Menurut Jackson, Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet bumi, terutama tentang materi penyusun, proses, hasil proses, sejarah, dan bentuk-bentuk kehidupan sejak bumi terbentuk.

Sesuai dengan pengertian Geologi menurut para ahli, seroang Geologist memiliki fungsi khusus. Selain melakukan penelitian untuk memecahkan misteri yang berkenaan dengan proses pembentukan dan bahan-bahan pembentuk bumi, ia juga harus mencari dan menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kehidupan dari dalam bumi. Semakin banyaknya penghuni di muka bumi, maka kebutuhan tersebut semakin meningkat dan harus terus dipenuhi untuk kelangsungan hidup.

Related Posts