Pengertian Reklamasi Pantai Adalah

 Pariwisata

Mumpung bulan November telah berganti, memasuki bulan Desember, menjadi pertanda bahawa hari libur akan tiba. Pantai, memang menjadi salah satu tempat wisata andalan para wisatawan, karena selain bisa menjernihkan pikiran dari kejenuhan, banyak manfaat lain yang bisa di dapat jika anda memilih pantai sebagai tempat berlibur. Mulai dari berlibur, mencicipi hidangan segar hasil olahan laut, menikmati keindahan alam dengan udara yang segar, bermain pasir juga air laut pantai yang segar, sampai belajar, bisa anda temukan secara sekaligus sesaat anda berkunjung ke pantai. Anda yang memfavoritkan pantai sebagai tempat wisata rutin di hari libur anda, tahukah tentang pengertian reklamasi pantai? Pengertian reklamasi pantai adalah? Apa? Untuk dapat menjawabnya, ikutilah pembahasan ini sampai ke akhir kalimat!

3

Pengertian reklamasi pantai adalah usaha manusia mengenai teknologi yang diperlukan untuk mengubah suatu lingkungan alam menjadi lingkungan buatan. Pada dasarnya, kegiatan reklamasi pantai adalah dengan melakukan kegiatan untuk mengubah wilayah perairan pantai menjadi daratan. Dalam pengertiannya, reklamasi pantai jelas memiliki tujuan dari pembentukannya. Beberapa tujuan dari reklamasi pantai, diantaranya adalah :

  1. Sesuai dengan pengertiannya, reklamasi pantai bertujuan untuk menjadikan kawasan berair yang rusak atau tak berguna menjadi lebih baik dan bermanfaat. Sehingga kawasan baru yang terbentuk memiliki fungsi baru yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat baik secara langsung maupun tak langsung.
  2. Reklamasi pantai bertujuan untuk meningkatkan manfaat sumber daya lahan yang ditinjau dari sudut lingkungan dan social ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase
  3. Dengan adanya reklamasi di kawasan pantai, diharapkan dapat meningkatkan daya tampung dan daya dukungan lingkungan (environmental carrying capacity) secara keseluruhan bagi kawasan tersebut.
  4. Menurut max wagiu, reklamasi pantai memiliki tujuan untuk mendapatkan kembali tanah yang hilang akibat gelombang laut. Reklamasi pantai berfungsi untuk memperoleh tanah baru di kawasan depan garis pantai untuk mendirikan bangunan yang akan difungsikan sebagai benteng perlindungan garis pantai. Dan, tujuan akhir dari reklamasi pantai adalah untuk alasan ekonomis, pembangunan atau untuk mendirikan konstruksi bangungan dalam skala yang lebih besar.

Jadi, pengertian reklamasi pantai adalah? Anda pasti sudah bisa menyebutkannya. Cukup jelaskah anda dengan pembahasan dari definisi maupun fungsi dari reklamasi pantai? Biasanya kegiatan reklamasi pantai dilakukan oleh suatu negara, atau kota besar, dengan pengelola kawasan yang memiliki laju pertumbuhan tinggi dan kebutuhan lahannya meningkat pesat, tetapi mengalami kendala keterbatasan atau ketersediaan ruang dan lahan untuk mendukung laju pertumbuhan yang ada, sehingga diperlukan untuk mengembangkan suatu wilayah daratan baru. Hmmmmm,, rasanya sayang juga ya jika keindahan pantai dialih fungsikan sebagai tempat baru dengan fungsi yang baru juga.

Sekian pembahsan pengertian reklamasi pantai adalah, semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan untuk anda baik yang memfavoritkan wisata pantai ataupun tidak. Semoga pembahasan kali ini juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan reklamasi pantai yang sampai saat ini belum bisa anda jawab. Penulis akhiri, terlepas dari pembahasan ini, Desember telah tiba, mulailah berfikir tentang wisata yang bisa menjernihkan pikiran anda dari berbagai hal yang sifatnya menjenuhkan selama ini. Selamat Berlibur!

Related Posts