Pengertian Ekosistem Pantai

 Pariwisata

Pantai, menjadi salah satu tempat wisata andalan para wisatawan, karena selain bisa menjernihkan pikiran dari kejenuhan, banyak manfaat lain yang bisa di dapat jika anda memilih pantai sebagai tempat berlibur. Mulai dari berlibur, mencicipi hidangan segar hasil olahan laut, menikmati keindahan alam dengan udara yang segar, bermain pasir juga air laut pantai yang segar, sampai belajar, bisa anda temukan secara sekaligus sesaat anda berkunjung ke pantai. Apakah anda salah satu penggemar wisata pantai? Anda yang memfavoritkan pantai sebagai tempat wisata rutin di hari libur anda, tahukah tentang pengertian ekosistem pantai? Untuk dapat menjawabnya, ikutilah pembahasan ini sampai ke akhir kalimat!

Sebelum membahas pengertian ekosistem pantai, kita bahas dulu apa itu pantai. Memfavoritkan wisata pantai belum tentu anda bias menjabarkan pengertian pantai. Pantai adalah tepian dari laut yang dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi untuk para wisatawan. Nah, setelah membahas pengertian pantai, kita bahas apa itu ekosistem pantai? Ekosistem pantai adalah ekosistem yang ada di wilayah perbatasan antara air laut dan daratan, dalam ekosistem pantai terdapat komponen biotik dan komponen abiotik. Apa itu komponen biotic dan komponen abiotik pantai? Komponen biotik pantai terdiri dari tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai, sedangkan komponen abiotik pantai terdiri dari gelombang, arus, angin, pasir, batuan, iklim dan sebagainya.

6

Membahas pengertian ekosistem pantai, tidak lengkap jika kita tidak mengetahui bagaimana cirri cirri dari ekosistem tersebut. Beberapa cirri ekosistem pantai, diantaranya adalah:

  1. Dalam ekosistem pantai, garis pantai permanen terjaga dengan baik, yakni wilayah laut yang berbatasan dengan daratan.
  2. Dalam ekosistem pantai, terdapat kawasan ekosistem mangrove dengan jumlah ideal 30% dari jumlah total luas pesisir.
  3. Dalam ekosistem pantai, terdapat pola usaha budidaya jenis air payau dengan berpegang pada wawasan lingkungan yang baik.
  4. Dalam ekosistem pantai, pencemaran pantai bisa dikendalikan secara baik dengan metode alamiah atau dengan campur tangan manusia.
  5. Dalam ekosistem pantai, pantai berperan sebagai rumah yang baik bagi mahluk hidup dan bisa menjadi sumber penghidupan bagi manusia di sekitarnya.

Siklus harian arus air yang pasang surut, menjadi pengaruh utama dari ekosistem pantai. Hal ini berpengaruh dengan kelangsungan hidup flora dan fauna yang ada di sekitar pantai, flora dan fauna yang bisa bertahan di pantai adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan cara melekat ke substrat keras agar tidak terhempas gelombang. Bagaimana? Cukup jelaskah anda dengan pengertian ekosistem pantai? Semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan untuk anda baik yang memfavoritkan wisata pantai ataupun tidak. Semoga pembahasan kali ini juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan reklamasi pantai yang sampai saat ini belum bisa anda jawab. Penulis akhiri, terlepas dari pembahasan ini, Desember telah tiba, mulailah berfikir tentang wisata yang bisa menjernihkan pikiran anda dari berbagai hal yang sifatnya menjenuhkan selama ini. Dan pantai bias menjadi solusi berlibur anda yang menjamin nilai kualitas tinggi di hari libur panjang anda. Selamat Berlibur!

Related Posts