Manfaat Protein bagi Tubuh

 Kesehatan

Siapapun sudah tahu bahwa protein merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh yang selalu dibutuhkan setiap saat. Sudah pahamkah Anda mengenai protein dan manfaat protein bagi tubuh? Protein adalah kelompk dari makromolekul organik kompleks yang diantaranya terkandung hidrogen, oksigen, nitrogen, karbon, fosfor, dan sulfur serta terdiri atas satu atau beberapa rantai dari asam amino. Di dalam ilmu gizi, pembahasan mengenai protein lebih lengkap dan rinci lagi. Menurut ilmu gizi, protein adalah kelompok makronutrisi berupa senyawa asam amino yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong sistem metabolisme dalam tubuh. Kebutuhan protein di dalam tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi karena tubuh tidak mampu memproduksi protein sendiri.

Protein yang dibutuhkan oleh tubuh ada dua jenis, yakni protein nabati dan protein hewani. Protein nabati bisa didapatkan dari sayur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan sebagainya. Sedangkan protein hewani bisa didapat dari ungags, telur, ikan, dan sebagainya. Di dalam protein hewani terkandung profil asam amino esensial yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh kebang tubuh. Kedua protein tersebut harus berimbang ada di dalam tubuh kita. Kekurangan protein akan mengakibatkan tibuh menjadi tidak stabil dan mudah terserang berbagai jenis penyakit, misalnya penyembuhan luka yang lama, masalah pencernaan, kerusakan pada liver, kurang cairan, penurunan sistem imun, pertumbuhan yang tidak maksimal, perubahan warna kulit, dan gangguan kesehatan lainnya.

3

Manfaat protein bagi tubuh tidak bisa dipandang sebelah mata. Organ-organ di dalam tubuh tidak akan melakukan tugasnya dengan baik bila tidak tercukupi kebutuhan proteinnya. Fungsi utama protein adalah pembentukan otot dan sel-sel di dalam tubuh. Protein menjadi makanan untuk otot agar tetap mampu bertumbuh kembang. Bila otot bekerja dengan baik maka tubuh akan memaksimalkan pembakaran lemak sehingga berat badan tetap seimbang. Fungsi selanjutnya dari protein adalah sebagai zat pengatur hormon-hormon dalam proses pencernaan. Selain itu, protein juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH asam dan basa tubuh. Protein juga bisa sebagai cadangan makanan dan energi di dalam tubuh.

Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat protein bagi tubuh, berikut ini adalah uraiannya.

  • Sebagai enzim untuk mempercepat reaksi biologis
  • Mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus
  • Sebagai penunjang mekanis, yakni menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit
  • Sebagai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh
  • Membantu proses penyembuhan luka, regenerasi sel hingga mengatur kerja hormon dan enzim di tubuh
  • Membantu menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh
  • Sebagai media perambatan impuls saraf
  • Sebagai pengendalian pertumbuhan
  • Menunjang proses sekresi dan membantu pelepasan hormon, termasuk hormon testosterone dan hormon pertumbuhan
  • Sebagai pembentuk jaringan tubuh
  • Sebagai alat pengangkut dan penyimpan oksigen dalam otot
  • Sebagai asupan energi utama bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah gula

Beragam manfaat protein bagi tubuh yang telah dijabarkan di atas, membuat kita semakin sadar bahwa asupan makanan dengan kandungan protein tinggi sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Mulai sekarang konsumsilah makanan-makanan dengan kadar protein tinggi yang sangat baik bagi kesehatan. Jangan remehkan maslaah kekurangan protein karena bisa berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Related Posts