Pengertian ISO Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pengertian ISO menurut para ahli – ISO merupakan sebuah kesepakatan yang dibuat dan didokumentasikan yang di dalamnya terdiri atas spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria yang sifatnya akurat yang dipergunakan sebagai aturan, petunju, dan definisi tertentu demi menjamin barang atau produk sesuai dengan standar yang telah disepakati sebelumnya. Pengertian lain mengenai ISO adalah organisasi non-pemerintahan berstandar internasional yang memiliki anggota sekitar 140 negara. Semua hal yang bersifat produk haris sesuai dengan ketentuan ISO yang telah disepakati oleh negara-negara anggotanya tersebut.

Selain pengertian secara umum di atas, ISO juga didefinisikan oleh beberapa ahli. Beberapa pengertian mengenai ISO tersebut adalah sebagai berikut.

1

  • Menurut Philip B. Crosby, ISO adalah kesesuaian mutu pada persyaratan layaknya jam yang tahan air atau sepatu yang tahan lama.
  • Menurut Joseph M. Juran, ISO adalah mutu yang harus disesuaikan dengan penggunaan dan merupakan pemenuhan harapan pelanggan.
  • Menurut K. Ishikawa, ISO adalah ketentuan yang berporos pada kepuasan pelanggan internal yang nantinya bisa menimbulkan kepuasan pelanggan organisasi

Sesuai dengan pengertian ISO menurut para ahli dan pengertian secara sederhana dan umum di atas, bisa diketahui bahwa ISO memang dibentuk dan diberlakukan bagi semua teknologi di berbagai bidang dan pemanfaatannya juga bisa digunakan di berbagai ilmu dan pekerjaan. ISO akan terus berkembang dan perkembangannya disesuaikan dengan sektor kegiatan industri di masa yang akan datang. ISO akan terus dikembangkan tentunya tidak lepas dari keadaan masyarakat yang semakin teredukasi karena banyaknya media yang bisa diakses, misalnya internet. Hal tersebut membuat konsumen lebih mengerti bahwa produk dan jasa yang diinginkan sudah sesuai dengan ISO atau tidak. Untuk melihat apakah produk dan jasa tersebut telah sesuai dengan ISO adalah dengan pemeriksaan oleh lembaga independen yang berwenang.

Salah satu jenis atau seri ISO adalah ISO 9001 yang merupakan model sistem jaminan kualitas dalam desain atau pengembangan, produksi, instalasi, dan pelayanan. ISO 9001 biasa juga disebut dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001. Menurut Sugeng Listyo Prabowo, ISO 9001 adalah standar internasional yang mengatur mengenai Sistem  Manajemen Mutu. ISO 9001 lahir tahun 1987 dengan tiga versi pilihan yang menekankan pada aspek Quality Assurance, aspek QA and Production, dan Quality Assurance for Testing. Konsentrasi utamanya adalah inspection product di akhir proses dan ketaatan pada peraturan prosedur sistem yang harus dipenuh secara menyeluruh.

Peraturan mengenai ISO sebenarnya tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan saja, tetapi ad beberapa instansi pendidikan yang menggunakannya. Salah satunya adalah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang berorientasi pada pekerjaan dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan sesuai dengan jurusan yang diajarkannya. Di dalam SMK diterapkan sistem ISO juga untuk memperkenalkan kepada siswa siswinya mengenai peraturan dan ketaatan di dunia kerja. Sudah bukan rahasia lagi bahwa lulusan SMK memang dicetak untuk langsung terjun di dunia kerja. Semoga dengan adanya ulasan mengenai pengertian ISO menurut para ahli di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Related Posts