Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

 Kesehatan

Buah salak merupakan buah asli dari Indonesia. Dalam bahasa Inggris, salak dikenal dengan nama snake fruit (buah ular) karena kulit buah ini bersisik seperti ular. Buah salak memiliki nama Latin Salacca yang termasuk ke dalam jenis pohon palem dari keluarga Arecaceae. Buah salak digemari banyak orang selain karena rasanya yang asam manis segar, juga karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Manfaat buah salak bagi kesehatan sangat beragam, mulai dari mata hingga sebagai salah satu alternatif untuk diet. Buah salak juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan atau camilan, misalnya saja selai, keripik, asinan, rujak, dan lain sebagainya.

Ada berbagai jenis salak yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, antara 20 higga 30 spesies salak. Berbagai jenis tersebut sama-sama memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal inilah yang tak banyak diketahui oleh orang. Mereka kerap kali menganggap bahwa salak adalah buah yang hanya bisa digunakan untuk mengobati diare, padahal manfaat dan khasiat dari buah salak lebih banyak dari itu. Menurut hasil penelitian, buah salak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan mampu mengobati berbagai macam penyakit. Dibandingkan dengan buah mangga, salak memiliki kadar serat dan gizi lebih banyak. Oleh sebab itu, bila dikonsumsi secara teratur, salak akan memberikan manfaat yang cukup baik bagi kesehatan Anda.

2

Sebelum mengupas mengenai manfaat buah salak bagi kesehatan, terlebih dahulu kita pelajari mengenai kandungan yang ada di dalam buah salak. Kandungan gizi buah salak tidak bisa dianggap remeh. Buah salak mengandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan air. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa di dalam 100 gram buah salak terdapat kandungan betakaroten 5,5 kali lebih banyak daripada mangga, 3 kali lebih banyak dari jambi biji, dan 5 kali lebih banyak dari semangka merah. Dengan kandungan gizi sebanyak dan seberagam itu, tidak dapat dipungkiri bahwa khasiat yang diberikan oleh buah salak sangat banyak dan beragam pula.

Dari kandungan sebanyak itu, berikut ini adalah khasiat dan manfaat buah salak untuk pengobatan.

  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan betakaroten yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.
  • Mengobati diare karena kandungan serat yang tinggi.
  • Membantu menurunkan berat badan atau diet karena kandungan fitonutrien dan vitamin C serta serat yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang.
  • Sebagai camilan yang sehat, bisa langsung dikonsumsi sebagai buah, diolah menjadi minuman jus, atau diolah menjadi keripik, manisan, asinan, rujak, dan sebagainya.

Saat mengonsumsi salak, disarankan untuk mengonsumsi beserta kulit arinya, termasuk saat dijus. Kulit ari salak dipercaya bisa mengobati kesulitan buang air besar atau sembelit. Jadi, saat mengupas buah salak, kulit ari yang menempel langsung pada daging buahnya tidak perlu dibersihkan. Meski tidak dibersihkan tidak akan mengganggu kenikmatan dalam mengonsumsi salak karena kulit ari sangat tipis dan tidak berasa. Selamat mencoba, semoga informasi mengenai manfaat buah salak bagi kesehatan ini bermanfaat.

Related Posts