Manfaat khasiat Buah Nanas dan Jus Nanas untuk Kesehatan

 Kesehatan

Nanas sudah bukan menjadi buah yang asing di kalangan masyarakat. Buah yang berasal dari Brasil ini terkenal dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang asam manis segar. Sejak dulu buah nanas sudah dikenal kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Buah yang memiliki nama Latin Ananas Comosus ini merupakan tanaman perkebunan yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Nanas bisa diolah menjadi selai, atau bisa juga diolah menjadi minuman seperti sirup dan jus. Jus nanas memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tidak jaug berbeda dengan buah nanas asli karena tidak melalui proses pemasakan. Manfaat buah nanas dan jus nanas untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Ada yang mengatakan bahwa jus nanas bisa jadi memiliki kandungan zat alami yang lebih baik karena terurai sempurna, tentunya dijus tanpa tambahan pemanis buatan ataupun zat-zat lainnya.

Di dalam jus nanas segar terkandung mangan, serat, vitamin C, bromelain dan vitamin B kompleks. Buah nanas rendah kolesterol dan lemak sehingga aman bagi tubuh Anda. Mengonsumsi jus nanas setiap hari bisa mempromosikan dan memperkuat tulang serta memenuhi sekitar 73% kebutuhan mangan di tubuh. Di dalam buah nanas juga terdapat kandungan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Ada banyak manfaat buah nanas dan jus nanas untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

3

  • Menurunkan tekanan darah dan berat badan
  • Mengatasi flu dan demam karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
  • Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh karena kandungan asam amino.
  • Menjaga kesehatan gigi karena vitamin C mampu membantu pencegahan plak pada gigi yang dapat menimbulkan nyeri pada gusi.
  • Mengobati peradangan kulit seperti kulit mengelupas atau bersisik dengan cara memarut nanas dan menempelkannya di kulit yang bermasalah.
  • Mengatasi perut yang kembung karena gas yang berlebihan pada saluran pencernaan.
  • Memperlancar saluran pencernaan karena kandungan serat alami dan vitamin C. Khusus untuk kandungan vitamin C di dalam buah nanas bisa berfungsi untuk mencegah sembelit dan kandngan enzim protease bisa mencerna protein dalam tubuh.
  • Mengobati asam urat karena kandungan enzim bromelain dan kalium yang bersifat diuretic pada nanas yang belum terlalu matang.
  • Mengobati penyakit beri-beri dengan cara meminum air perasan dari jusa nanas yang diminum sehari dua kali sesudah makan.
  • Meredakan radang tenggorokan karena kandungan vitamin C .

Meski manfaat buah nanas dan jus nanas untuk kesehatan sangat baik, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pertama, bagi ibu hamil dilarang meminum perasan atau mengonsumsi buah nanas muda. Kedua, di dalam saluran pencernaan, buah nanas difermentasi menjadi alkohol sehingga dapat membuat kambuhnya rematik gout. Ketiga, bagi penderita diabetes mellitus (kencing manis) dianjurkan untuk membatasi konsumsi buah nanas karena kandungan gula di dalamnya cukup tinggi. Hal-hal tersebut harus diperhatikan pula untuk kesehatan tubuh Anda. Buah nanas memang bagus bagi kesehatan bila dikonsumsi sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan.

Related Posts