Pengertian dan Fungsi Pasar Modal

 Pengetahuan

Anda jelas tidak asing dengan kata pasar. Pasar dikenal dengan tempat jual beli antara penjual dan pembeli, untuk pembeli mendapatkan suatu barang dan untuk penjual mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Tapi mengertikah anda dengan pasar modal? Apa pengertian dan fungsi pasar modal dalam kehidupan? Apa pasar modal memiliki definisi yang sama dengan pasar yang sering kita kunjungi? Untuk memahaminya, simaklah pembahasan berikut!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi modal. Pasar modal didefinisikan sebagai suatu tempat diadakannya kegiatan jual beli untuk berbagai  instrument (saham, surat pengakuan hutang jangka panjang, surat – surat berharga, dll) keuangan yang bersifat jangka panjang, baik berbentuk hutang ataupun modal sendiri. Pasar modal berbeda dengan pasar pada umumnya, perbedaan tersebut terletak pada jenis barang dan jasa yang diperjualbelikan. Membahas pengertian di atas, dapatkah anda membedakan perbedaan antara pasar modal dan pasar biasa? Berikut, penulis berikan poin perbedaan tersebut agar terlihat lebih jelas. Perbedaan pasar biasa dan pasar modal adalah :

3

  1. Perbedaan antara pasar biasa dan pasar modal terletak dari jenis barang yang dijual.

Pasar biasa, umumnya menjual barang yang sifatnya tidak bertahan lama (sayur, kue basah, dll) sedangkan pasar modal, menjual barang barang berharga yang sifatnya jangka panjang.

  1. Perbedaan antara pasar biasa dan pasar modal terletak dari siapa pembeli di masing – masing pasar tersebut

Pasar biasa, biasanya didatangi oleh ibu – ibu rumah tangga yang membutuhkan peralatan masak untuk kehidupan rumah tangga nya, sedangkan pasar modal, didatangi oleh perusahaan – perusahaan asuransi/ perusahaan – perusaahaan besar yang mencari tempat aman untuk menanam/ memperbungakan modalnya dalam waktu jangka panjang

  1. Perbedaan antara pasar biasa dan pasar modal terletak dari siapa penjual di masing – masing pasar tersebut

Penjual pasar biasa, biasanya adalah pedangang – pedangang kaki lima, dan mereka (orang biasa) yang memang bekerja sebagai pedagang, sedangkan penjual pasar modal, adalah pemerintah dan perusahaan – perusaahaan yang menawarkan sahaamnya untuk dijual

  1. Perbedaan antara pasar biasa dan pasar modal terletak pada tempat terjadinya proses jual beli

Dalam melakukan kegiatan jual beli, untuk pasar biasa, kegiatan tersebut dapat dilakukan di lahan kosong yang memang dialih fungsikan sebagai pasar (dengan tatap muka antara penjual dan pembeli), sedangkan untuk pasar modal, kegiatan jual beli hanya dilakukan dengan saling berhubungan di internet/ telephon (tanpa tatap muka).

Untuk melengkapi pembahasan pengertian dan fungsi modal kali ini, akan dijelaskan mengenai fungsi pasar modal sebagai berikut :

  1. Pasar modal berfungsi sebagai alternative untuk perusahaan perusahaan besar yang hendak melakukan investasi saham jangka panjang
  2. Pasar modal berfungsi sebagai sumber dana dalam jangka waktu yang panjang
  3. Pasar modal berfungsi untuk perusahaan – perusahaan baru yang membutuhkan suntikan dana segar dari pihak lain. Contohnya seperti obligasi (efek utang)

Sudahkah anda paham tentang pengertian dan fungsi modal? Semoga penulisan artikel kali ini memberikan manfaat dengan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pembaca

Related Posts