Pengertian dan Fungsi Otak Kanan

 Pengetahuan

Setelah membahas salah satu bagian vital dalam tubuh mahluk hidup di pembahasan sebelumnya, sekarang saatnya kita membahas salah satu bagian dari bagian vital tersebut. Apa bagian vital yang sempat kita bahas di pembahasan sebelumnnya? Otak. Mengulang sedikit tentang fungsi otak dalam tubuh mahluk hidup, otak berfungsi sebagai alat vital karena menjadi pusat pengendali fungsi tubuh. Jika tidak ada otak? Dapatkah anda membayangkan resiko apa saja yang mungkin terjadi dalam tubuh kita? Jelas kita tidak dapat hidup, kecuali dengan kuasa Tuhan. :D. Otak memiliki bagian otak kanan dan otak kiri. Anda pasti pernah mendengarnya bukan? Apa pengertian dan fungi otak kanan? Dapatkah anda menjelaskannya?

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungi otak kanan, untuk itu simaklah pembahasan berikut, kenali lah lebih dalam lagi tentang bagian dari tubuh anda. Apa itu otak kanaan? dan apa itu otak kiri? Otak kanan dan otak kiri sebenarnya memiliki pengertian yang sama, karena keduannya merupakan bagaian dari otak mahluk hidup, yang menjadi perbedaan diantara keduanya hanyalah fungsi nya sajaaa. Jika otak kiri berhubungan dengan pengembangan intelligent quotient (IQ), otak kanan berhubungan dengan emotional quotient (EQ). Dalam kehidupan sehari – hari kita sebagai manusia memang cenderung menggunakan fungsi otak kiri, seperti melakukan pendidikan formal, dari kita kecil hingga dewasa, semua hal tersebut berhubungan dengan fungsi otak kiri kita. Meskipun begitu, bukan berarti otak kanan tidak memiliki fungsi dan manfaat dalam tubuh kita sehari – hari.

9
Yang disarankan adalah ketika seorang manusia bisa menyeimbangakan fungsi antara otak kanan dan otak kiri. Karena dalam menjalani kehidupan, kita bukan diharuskan untuk memilih antara EQ atau IQ, tetapi kita diharuskan untuk memahami, memiliki, dan menyeimbangkan keduanya dalam hidup kita. Pernahkah anda melihat seseorang yang begitu mahir bermain angka dan bahasa tetapi memiliki pola hidup yang terlihat tidak normal? Inilah salah satu dampak yang mungkin terjadi karena kita tidak menyeimbangkan fungsi antara otak kiri dan otak kanan kita. Setelah membahas antara otak kanan dan otak kiri, dalam pembahasan pengertian dan fungi otak kanan kali ini, jelas akan dijelaskan apa saja fungsi otak kanan. Fungsi otak kanan adalah sebagai berikut :

– Otak kanan berfungsi dalam pola hidup bermasyarakat seperti, mengatur cara bergaul dan bertegur sapa di masyarakat
– Otak kanan berfungsi dalam mengatur cara hidup kita, baik secara berkelompok maupun individual.
– Otak kanan berfungsi untuk membentuk karakter dalam diri seseorang, yang berkaitan dengan emosionalnya
– Otak kanan berhubungan dengan kreativitas, khayalan, musik, dll. Haal ini bisa dijadikan sebagai sumber kehidupan di masa tua nantinya, seperti,          menjadi seorang musisi atau penulis buku dan novel.

Itulah beberapa fungsi dari otak kanan, apapun alasannya, bukan yang kanan atau yang kirilah yang harus diutamakan, keduanya harus diutamakan, karena otak kanan dan otak kiri saling membantu dan berhubungan satu sama lain. Sekian pembahasan dengan judul pengertian dan fungi otak kanan. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah ilmu dan juga wawasan pembaca. Teruslah membaca!

Related Posts