Pengertian dan Fungsi Pendidikan

 Pengetahuan

Siapa yang setuju dengan pernyataan berikut “pendidikan adalah yang utama”? Penulis yakin, hampir 98% setuju dengan pernyataan di atas. Membahasa pengertian dan fungsi pendidikan, pendidikan memang dianggap sebagai salah satu hal utama dalam hidup seorang individu, tanpa pendidikan, kita sebagai manusia akan sulit untuk mempelajari nilai, norma, dan hal hal penting lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Untuk lebih memahaminya, simaklah pembahasan berikut!

Pengertian dan fungsi pendidikan bukanlah hal asing di kalangan masyarakat. Apa jawaban anda ketika ditanya dengan pertanyaan yang berhubungan dengan pengertian dan fungsi pendidikan? Penulis melihat arti dari kata pendidikan sebagai suatu proses belajar dalam mengubah sikap, pola hidup, dan tingkah laku yang sesuai dengan umur / usia seorang manusia. Proses ini dibutuhkan agar seseorang dapat menyesuaikan diri ketika akan hidup dan beradaptasi dalam suatu kelompok masyarakat, dan pembelajaran ini diperlukan demi kenyaman hidup seorang manusia tersebut di kehidupannya mendatang. Itu tadi adalah sudut pandang penulis tentang arti dari pendidikan, bagaimana dengan anda? Apa menurut anda arti dari pendidikan?

10
Membahas tentang pengertian dan fungsi pendidikan, kata pendidikan tidak hanya kita dapatkan saat kita merasakan bangku sekolah, pendidikan dapat terjadi di mana saja, di rumah misalnya, saat orang tua mengajarkan cara bicara, beribadah, dan bertingkah laku baik di kalangan masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari proses pendidikan. Jika memiliki pemahamannya seperti itu, lalu apa fungsi dari pendidikan tersebut? Berikut akan disebutkan beberapa fungsi pendidikan, diantaranya :

Pendidikan berfungsi untuk memperindah suasana hidup di masa tua nanti. Maksudnya adalah dengan pendidikan yang tinggi seseorang diharapkan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang dimilikinya. Saat hal tersebut terjadi secara seimbang, dan terwujud dalam kehidupannya, dapat dipastikan suasaana hidup di masa tuanya nanti akan bahagia bila diimbangi dengan pola hidup yang benar dan sesuai dengan norma dan kaidah – kaidah dalam ajaran agamanya.

Pendidikan berfungsi untuk kenyaman dalam hidup. Maksudnya adalah dengan pendidikan yang baik, seseorang diajarkan untuk betingkah laku yang baik juga dimanapun, dengan siapapun dan dalam kondisi apapun ia berada. Jika hal ini dapat dipenuhi, dapat dipastikan ia akan merasa nyaman dalam kehidupannya dimanapun, dengan siapapun dan dalam kondisi apapun ia berada.

Pendidikan sebagai proses pembentukan pribadi seseorang. Maksudnya adalah dengan pendidikan yang diberikan baik formal maupun nonformal, seseorang dapat membentuk pribadinya sesuai dengan pemahaman pada proses pembelajarannya. Oleh karena itu seorang guru dan orang tua wajib mengawasi anak mereka agar tidak memiliki pemahaman yang salah dengan ilmu yang diajarkan dan dikuasaainya.

Sekian pembahasan pengertian dan fungsi pendidikan kali ini. Pendidikan mengambil peran penting dalam kehidupan bermasyarakat. Tanpa pendidikan, kita sulit mengerti bagaimana kita harus bertindak, melangkah, dan mengambil keputusan. Semoga pembahasan kali ini membuka pemahaman yang luas untuk anda sehingga anda lebih memperhatikan lagi tentang pendidikan, khususnya untuk diri sendiri. Karena beraapa pun umur kita, proses pendiidikan akan terus berjalan.

Related Posts