Manfaat khasiat Kentang Rebus untuk Kesehatan

 Kesehatan

Kentang merupakan salah satu sayuran yang paling digemari karena rasanya yang enak dan khasiatnya yang sangat banyak. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai macam camilan bergizi dan dipadupadankan dengan berbagai bahan lainnya, misalnya diolah menjadi kentang goreng, kentang crispy, kentang rebus, perkedel kentang, donat kentang, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak camilan tersebut, kentang rebus merupakan olahan kentang yang praktis, mudah, dan lebih menyehatkan. Manfaat kentang rebus untuk kesehatan juga lebih banyak karena kandungan nutrisi dan zat-zat positif di dalamnya tidak rusak karena proses perebusan. Cara memasak dengan direbus lebih sehat bila dibandingkan dengan proses menggoreng.

Kentang rebus biasa dikonsumsi orang sebagai makanan utama pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal tersebut telah dipahami oleh banyak orang, tetapi tak banyak yang tahu bahwa kentang memiliki vitamin dan nutrisi yang lebih banyak selain hanya karbohidrat saja. Kentang rebus kaya akan vitamin, mineral, dan tentunya rendah kalori dan lemak serta berkadar serat tinggi sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Kentang rebus juga mengandung kalium, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Khusus untuk kandungan vitamin C di dalam kentang akan hilang 50% saat Anda mengolahnya setelah dikupas. Jadi, bila Anda ingin membuat kentang rebus, disarankan untuk tidak mengupas kulitnya sebelum direbus agar kandungan vitamin C tida berkurang.

5

Manfaat kentang rebus untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh karena jumlahnya sangat banyak. Sayuran kentang sendiri sudah banyak menyimpan khasiat, apalagi bila proses pengolahannya dengan direbus, kandungan vitamin dan nutrisinya tidak akan berkurang dan bisa jadi semakin meningkat. Dengan kandungan seperti itu, tidak heran bila khasiat dari kentang rebus sungguh luar biasa. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari kentang rebus.

  • Mampu membangun tulang, jaringan saraf, dn fungsi otot berkat kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, dan potassium.
  • Membantu membentuk sel-sel darah di dalam tubuh dan mengurai energi dari protein, karbohidrat, dan lemak dari makanan yang dikonsumsi.
  • Kentang rebus memiliki kadar kalori dan lemak lebih rendah daripada kentang goreng. Hal ini membuat kentang rebus membantu Anda merasa kenyang dan pastinya lebih sehat. Disarankan untuk tidak menambahkan mentega atau krim selama proses perebusan karena akan merusak kadar gizinya.
  • Melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan vitamin C.
  • Kandungan vitamin B5 mampu memecah nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati.
  • Kandungan norepinefrin yang berfungsi untuk komunikasi saraf dan menjaga kadar hormon di dalam tubuh.

Paparan manfaat kentang rebus untuk kesehatan di atas bisa dijadikan alasan bagi kita untuk mengganti segala cemilan gorengan dengan kentang rebus saja. Selain mudah untuk dibuat, kentang rebus juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang menderita diabetes bisa mengganti asupan nasi dengan kentang rebus karena kentang memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan dengan nasi, lagipula kadar karbohidratnya tidak berbeda dari nasi.

Related Posts