Manfaat khasiat Kencur dan Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

 Kesehatan

Kencur dikenal sebagai salah satu rempah-rempah untuk bahan masakan yang masuk dalam keluarga rimpang atau rizoma. Tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman empon-empon atau obat-obatan tradisional. Selain digunakan sebagai bahan masakan, kencur juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Minuman olahan kencur yang sangat popular dan disukai banyak orang adalah jamu beras kencur. Manfaat kencur dan jamu beras kencur untuk kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Kegemaran orang-orang meminum jamu beras kencur karena mereka telah mengetahui perihal khasiat dan manfaat yang akan di dapat bila rutin meminumnya. Selain untuk bumbu masakan dan kesehatan, ternyata kencur juga memberikan manfat yang cukup baik untuk kecantikan, terbukti dengan beberapa kosmetik menggunakan kencur sebagai bahan dasar pembuatan produknya.

Kencur merupakan tumbuhan berbatang lunak yang hanya memiliki sedikit jaringan kayu. Tubuh subur di dataran rendah atau pegunungan dengan kontur tanah yang gembur dan cenderung kering. Kencur memiliki daging buah yang berwarna putih dengan kulit berwarna coklat dan teksturnya kasar. Tanaman kencur bisa pula dijadikan hiasan karena bentuk daun dan bunganya cukup indah. Rimpang kencur memiliki kandungan senyawa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat yang dimaksud adalah pati, mineral, asam sinamat, borneol, asam metil kanil, sineol, asam anisat, gom, etil ester, alkaloid, kamphene, dan paraemarin.

6

Kandungan zat-zat di atas semakin membuktikan bahwa manfaat kencur dan jamu beras kencur untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain zat di atas, kencur juga mengandung antioksidan, anti inflamasi, analgesic, dan etil p-metoksisinamat yang berfungsi untuk menghambat proliferasi sel karsinoma hato hepatoseluler manusia secara in vitro. Dengan kandungan zat-zat alami tersebut, bisa dipastikan bahwa kencur tidak memiliki efek samping meski dikonsumsi setiap hari, bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Salah satu hasil olahan kencur adalah jamu beras kencur yang telah dikenal oleh masyarakat. Jamu tradisional ini merupakan minuman khas Jawa yang memiliki rasa manis sedikit asam dengan aroma kencur yang khas. Jamu beras kencur bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat maupun dingin dan tidak memengaruhi kandungan zat-zat aktif di dalamnya. Ramuan jamu beras kencur dipercaya kaya akan vitamin B. Adapun manfaat yang bisa didapatkan setelah meminum jamu beras kencur secara rutin adalah sebagai berikut.

  • Menyembuhkan penyakit maag karena kandungan vitamin B yang mampu menebalkan dinding lambung dan mengatasi penggerusan lambung oleh asam.
  • Meningkatkan nafsu makan karena kandungan vitamin B akan merangsang lambung memberikan rasa lapar.
  • Menghilangkan rasa pegal dan mampu meningkatkan stamina tubuh yang lebih alami dan lebih baik dibandingkan dengan suplemen makanan lainnya.
  • Mencegah jerawat dan meringankan sakit kepala sebelah atau migraine.

Manfaat kencur dan jamu beras kencur untuk kesehatan bisa didapatkan bila mampu meramunya dengan benar. Untuk membuat jamu beras kencur diperlukan bahan-bahan seperti kencur, beras putih, jahe, gula jawa, kunyit, jeruk nipis, asam jawa, dan garam. Semua bahan tersebut dicuci bersih dan direbus hingga mendidih, disaring lalu diberi pemanis alami berupa gula atau madu murni. Ramuan tersebut bisa rutin diminum setiap hari untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas.

Related Posts