Manfaat Push Up bagi Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tida kenal dengan olahraga push up? Salah satu gerakan dalam senam aerobik ini banyak digemari oleh pesenam dan masyarakat umum karena gerakannya yang mudah dan tidak memerlukan tempat atau alat khusus. Manfaat push up bagi kesehatan juga menjadi faktor pendukung yang membuat aktivitas senam ini begitu disukai. Push up adalah suatu bentuk olahraga yang tujuannya adalag untuk membesarkan otot-otot lengan, tangan, dan perut. Push up bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidar perlu tempat yang sangat luas atau waktu khusus. Di manapun dan kapanpu Anda bisa melakukan gerakan push up secara teratur agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Gerakan push up bisa membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti yang diharapkan. Tubuh ideal adalah harapan semua orang karena akan meningkatkan kepercayaan diri, menjaga kesehatan, dan membuat penampilan menjadi lebih sempurna. Push up bisa membentuk tubuh bagian atas Anda dengan gerakannya yang sangat khas. Selain melakukan gerakan-gerakan senam yang baik bagi pembentukan tubuh, Anda juga bisa mendapatkan tubuh ideal dengan konsumsi makanan yang sehat dan sesuai dengan takaran gizi setiap harinya. Olahraga keras dan berat tak akan membuahkan hasil bila pola makan Anda masih sembarangan.

3

Adapun manfaat push up bagi kesehatan tubuh Anda tidak bisa dianggap remeh. Meski berupa gerakan yang sederhana, namun bisa memberikan dampak positis yang sangat baik bagi tubuh Anda. berikut ini adalah manfaat dari gerakan push up.

  • Berkontribusi pada penurunan berat badan agar tubuh menjadi ideal dan sempurna.
  • Meningkatkan kekuatan otot pada inti tubuh, misalnya menjaga tulang belakang agar tetap lurus, menjaga otot-otot di sekitar tulang belakang dan perut.
  • Memperkuat tulang di sekitar pergelangan tangan, lengan, siku, lengan atas, dan bahu.
  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena gerakan push up akan memompa darah ke seluruh tubuh, pernapasan meningkat dan kebutuhan oksigen tercukupi.
  • Meningkatkan massa tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang sejak dini.
  • Meningkatkan hormon pertumbuhan HGH di dalam tubuh. Hormon HGH adalah hormon yang membantu pertumbuhan otot, meningkatkan kemampuan atletik seseorang, menurunkan lemak tubuh, dan meningkatkan massa tulang.
  • Membentuk tubuh bagian atas, yakni terfokus pada otot lengan bawah, lengan atas, bahu, dan otot dada akan terlihat lebih berisi.

Agar mendapatkan manfaat push up bagi kesehatan yang maksimal, Anda harus memperhatikan cara yang benar dalam melakukan gerakan push up. Cara yang sesuai adalah mengikuti tingkatan gerakan push up, mulai dari pemula, intermediate, hingga advanced. Pada tingkat pemula, mulailah dengan gerakan push up di dinding, yakni berdiri di depan dinding datar meletakkkan kedua telapak tangan di depan dinding lalu lakukan gerakan push up seperti biasa. Pada tingkat intermediate, melakukan gerakan push up di lantai seperti biasa, tetapi menggunakan lutut sebagai tumpuannya. Pada tingkat advanced, lakukan push up dengan posisi sempurna, tumpuan pada telapak tangan dan bagian ujung kaki. Pastikan bahwa Anda bisa melakukannya dengan benar. Jangan ragu untuk menggunakan jasa trainer agar hasilnya bisa maksimal. Kesalahan dalam melakukan push up bisa berakibat fatal pada tulang Anda.

Related Posts