Manfaat dan Fungsi Hutan

 Pengetahuan

Membahas tentang hutan, apa pendapat pembaca? Baik dalam segi pengertian, manfaat dan fungsi hutan, juga peranannya dalam kehidupan kita? Apa hutan sebagai tempat yang dibilang mubazir karena pemanfaatannya sering disalahgunakan sebagai tempat yang tidak semestinya? Atau pembaca mengartikan hutan sebagai tempat yang sangat perlu dijaga kelestariannya karena berhubungan dengan kelanjutan hidup anak – anak dan keturunan kita nantinya? Supaya lebih paham, penulis kali membahas artikel yang berhubungan dengan hutan. Lanjutkan membaca ya!

Hutan, dikatakan sebagai paru – paru dunia. Mengapa? Karena di dalam hutan terdapat berbagai macam tumbuhan, dan banyak pepohonan. Pohon yang ada membantu dalam penyediaan oksigen yang kita hirup setiap harinya, dan tumbuhan yang ada baik tumbuhan liar maupun tidak dapat dimanfaatkan sebagai obat misalnya atau bahan pangan meskipun tidak semua tumbuhan dalam hutan bisa dikonsumsi. jadi apa hutan harus di rusak/ harus dilestarikan? Pembaca pasti bisa menjawabnya! setelah mengerti arti dari hutan di alam kita, penulis akan menjabarkan manfaat dan fungsi hutan untuk menambah keyakinan pembaca tentang cara kita memperlakukan hutan setelah membaca artikel ini. Manfaat dan fungsi hutan diantaranya adalah :

7

  1. Banyaknya pepohonan yang ada di hutan membantu proses penyediaan udara segar. coba saja pembaca duduk di bawah pohon yang rindang, pasti anda merasakan sensasi kesejukannya.
  2. Sebagai sumber pekerjaan/ mata pencaharian bagi masyarakat yang menjadikannya hutan sebagai tempat tinggal. Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang kaitannya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di hutan, diantaranya dari tumbuh – tumbuhan yang tumbuh di hutan.
  3. Sebagai sumber kayu bakar, dan kertas. Bagaimana maksudnya? lagi –lagi dengan memanfaatkan fungsi pohon yang tumbuh bebas di hutan. pepohonan ini dijadikan sebagai sumber produksi kayu, seperti kayu bakar, dan dapat diolah menjadi juga menjadi kertas
  4. Hutan yang ada di dataran rendah membantu penyerapan air dan memperlambat aliran air. Hal ini memberikan efek positif pada saat musim hujan, yaitu sebagai sarana pencegah banjir
  5. Konservasi tanah dan air, maksudnya adalah hutan memberikan perlindungan terhadap tanah dan air yang tugas nya dijalankan oleh pohon yang tumbuh banyak di daerah hutan. Pohon menyerap air ke dalam tanah, salah satunya adalah air hujan sehingga air yang tersimpan dimanfaatkan untuk banyak manusia susai dengan kebutuhan, dan tidak terbuang sia – sia. Penyerapan air ke dalam tanah, membuat tanah tidak menjadi kering dan pohon membantu keberadaan tanah tetap pada tempatnya sehingga mengurangi terjadinya erosi oleh angin.
  6. Hutan sebagai keindahan alam yang ditumbuhi banyak tanaman dan pepohon yang memiliki banyak fungsi
  7. Hutan dijadikan sebagai habitat atau tempat tinggal untuk binatang seperti burung, mamalia, serangga dan yang lainnya. Serangga yang ada membantu siklus nutrisi tanah dibantu dengan cacing, banyak spesies langka yang keberadaannya harus dilestarikan juga ditemukan di hutan seperti panda, gorilla, dan orang hutan.

Wah, banyak sekali kan fungsi hutan bagi kehidupan kita dan untuk keturunan kita kelak? Mengetahui pemahaman tentang hutan baik dari segi pengertian, serta manfaat dan fungsi hutan  pada pembahasan kali ini, bagaimana sikap kita ke depannya? Apa hutan harus dijaga atau dirusak? apa pepohonan yang ada dalam hutan harus ditebang atau sebaliknya? apa sumber daya alam yang ada di hutan harus di rusak? Penulis yakin pembaca bisa menjawabnya dengan benar.

Related Posts