Pengertian Radio Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Berbagai macam alat komunikasi dan informasi semakin menjamur di era globalisasi modern yang serba canggih ini. Informasi bisa didapat melalu teknologi visual, audio, dan bahkan audio visual. Radio sebagai salah satu media informasi audio memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Meski hanya disampaikan melalui suara, informasinya tetap mengedepankan keakuratan, keaktualan, dan terdepan. Sebagai media informasi yang telah banyak dan lama digunakan, pahamkah Anda dengan segala hal mengenai radio? Atau mungkin dengan pengertian radio menurut para ahli? Untuk menjawab dua pertanyaan tersebut, ulasannya akan dibahas di bawah ini.

Radio adalah sebuah teknologi yang dipakai manusia untuk mengirimkan sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik atau gelombang elektromagnetik. Gelombang radio meruapak salah satu bentuk radiasi elektromagnetik yang terbentuk saat objek bermuatan listrik dari gelombng pembawa dimodulasi dengan gelombang audio pada frekuensi gelombang radio. Gelombang yang dimaksud melintas melewati udara. Selain itu, gelombang ini juga bisa merambat melalui ruangan yang hampa udara seperti ruang angkasa karena tidak memerlukan medium pengangkut, dalam hal ini adalah molekul udara. Gelombang radioa merambat pada frekuensi 100.000 Hz sampai 100.000.000.000 Hz. Menurut UU Nomor 32 Tahun 2002 mengenai penyiaran, frekuensi radio merupakan gelombang elektromagnetik yang ditujukan untuk penyiaran, merambat di udara dan hampa udara tanpa penghantar buatan, hal tersebut merupakan ranah publik dan sumber daya alam terbatas.

1

Disampaikan dalam pengertian radio menurut para ahli, ada dua metode transmisi gelombang audia, yakni modulasi amplitude (AM) dan modulasi frekuensi (FM). Modulasi Amplitudo merupakan sistem AM amplitude dari gelombang pembawa yang bervariasi, tetapi frekuensi tetap konstan. Sedangkan Modulasi Frekuensi (FM) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui gelombang pembawa dengan cara memvariasikan frekuensinya. Metode FM adalah metode yang lebih banyak dipakai daripada AM karena bisa memuat banyak frekuensi untuk berbagai jenis program di radio. Teknologi FM ini ditemukan oleh Edwin Howard Armstrong  dan diperkenalkan pada tahun 1936 dalam konferensi Radio Engineers New York.

Sebagai salah satu metode yang popular, sinyal FM memiliki berbagai macam fitur yang menarik dan menjadi kelebihan yang patut untuk dipelajari. Berbagai fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ketahanan pada gangguan sinyal amplitude yang dilakukan dengan cara mengubah variasi dalam frekuensi.
  • Ketahanan terhadap noise dan interferensi sehingga gelombang ini digunakan untuk transmisi siaran-siaran berkualitas tinggi.
  • Modulasi audio dapat diterapkan pada tahap pemancar berdaya rendah dan tidak perlu memakai bentuk penguatan linear untuk meningkatkan daya sinyal ke final.
  • Bisa menggunakan amplifier RF non-linear untuk memperkuat sinyal sehingga lebih efisien daripada penguat RF linear.

Bagaimana cara kerja sebuah radio hingga bisa menyampaikan informasi kepada pendengarnya? Hal ini juga penting selain pengertian radio menurut para ahli dan jenis-jenis metodenya. Awalnya sinyal radio dipancarkan melalui lapisan udara yang disebut dengan ionosfer sehingga pesan lewat radio bisa dipantulkan mencapai jarak yang amat jauh. Kemudian pemancar melakukan modulasi gelombang radio agar bisa menyampaikan informasi. Pesawat radio menangkap sinyal ini lalu memperkuat dan mengartikannya. Dari situlah segala hal yang diucapkan akan sampai ke telinga pendengarnya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts