Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Dalam dunia pembelajaran, e-learning menjadi salah satu metode pembelajaran yang sangat popular saat ini. Keberadaannya yang memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer dan internet membuat metode pembelajaran ini menjadi lebih terdepan dan up to date. Kepopulerannya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pakar di bidang pendidikan untuk melakukan berbagai penelitian dan telaah. Salah satunya dibuktikan dengan semakin banyaknya muncul pengertian e-learning menurut para ahli yang dipakai sebagai bahan seminar pengajar. Istilah e-learning sebenarnya merupakan singkatan dari elektronik learning yang menekankan pembelajaran dengan menggunakan teknologi elektronik.

Secara singkat, e-learning bisa didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi untuk bidang pendidikan dalam bentuk elektronik. Pengertian lain menyebutkan bahwa e-learning adalah suatu usaha untuk membuat transformasi pembelajaran yang ada di sekolah atau kampus dalam bentuk digital yang dihubungkan dengan menggunakan jaringan internet. Teknologi e –learning merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara virtual melalui layar komputer, dengan arti pengajar tidak langsung bertatap muka dengan peserta didiknya. Pengajar melakukan pengajaran melalui tempat lain yang dihubungkan dengan koneksi internet, hal ini hampir sama dengan menonton video hanya saja dilakukan secara live dalam waktu yang sama.

10

Berikut ini adalah beberapa pengertian e-learning menurut para ahli.

  • Menurut Onno W. Purbo, e-learning adalah istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.
  • Menurut Jaya Kumar C. Koran, e-learning adalah segala pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
  • Menurut Hartley, e-learning adalah suatu jenis pembelajaran yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet, atau media jaringan komputer lain.
  • Menurut Rosenberg, e-learning adalah pemakaian teknologi internet untuk mengirim serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
  • Menurut LearnFrame.com, e-learning adalah sistem pendidikan dengan menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung proses belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.
  • Menurut Ong, e-learning adalah kegiatan belajar melalui perangkat elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhannya.

Ada banyak keuntungan yang bisa dicapai dalam pembelajaran e-learning tersebut. Keuntungan-keuntungan yang dimaksud adalah menghemat waktu pembelajaran, mengurangi biaya perjalanan dan infrastruktur pendidikan, mampu menjangkau wilayah geografis yang lebih luas dan jauh, serta melatih peserta didik untuk lebih mandiri. Keuntungan tersebut sangat sinkron dengan konsep modernisasi pembelajaran yang menekankan sebanyak-banyaknya kelebihan dibandingkan kekurangannya.

Selain pengertian e-learning menurut para ahli dan kelebihannya, masih ada lagi yang perlu untuk dicermati, yakni fungsi e-learning dalam pembelajaran. Ada tiga fungsi pembelajaran elektronik atau e-learning dalam kegiatan belajar mengajar. Ketiga fungsi tersebut adalah suplemen atau tambahan, komplemen atau pelengkap, dan substitusi atau pengganti. Fungsi suplemen adalah kebebasan peserta didik untuk memilih menggunakan metode e-learning atau tidak. Fungsi komplemen adalah materi pembelajaran elektronik ini dirancang untuk melengkapi materi inti yang sudah ditentukan sebelumnya. Fungsi substitusi adalah memberikan berbagai alternatif pembelajaran pada peserta didik agar tidak bosa dalam belajar.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian e-learning , pengertian mineral , pengertian tabel , pengertian cuaca , pengertian hyperlink , pengertian pengaruh , pengertian kartu kredit , pengertian jujur , pengertian transistor , pengertian pertanian , pengertian daftar pustaka

 

Related Posts