Pengertian Daftar Pustaka Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Fungsi dan peran daftar pustaka biasanya dipakai dalam penulisan karya ilmiah, buku, atau jenis-jenis tulisan lainnya. Letaknya yang selalu berada di akhir tak membuatnya menjadi bagian yang tidak penting, justru dari daftar pustaka inilah pembaca bisa mendapatkan bahan pembelajaran yang lebih luas. Mengapa demikian? Karena daftar pustaka memuat sumber materi yang ada di dalam karya ilmiah tersebut. Pentingnya peran daftar pustaka membuatnya banyak dipelajari dan ditelaah sehingga banyak muncul pula pengertian daftar pustaka menurut para ahli. Pengertian-pengertian tersebut akan memudahkan Anda untuk lebih memahami mengenai daftar pustaka atau yang biasa disingkat dengan dapus ini.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), daftar pustaka adalah sebuah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Pengertian lain menyebutkan bahwa daftar pustaka adalah suatu halaman yang berisi daftar sumber-sumber referensi yang dipakai untuk tulisan atau karya tulis ilmiah. Daftar pustaka bisa juga disebut sebagai rujukan yang dipakai penulis dalam menyusun karyanya. Melalui rujukan tersebut pembaca bisa mencari kembali materi yang ditulis di karya tersebut versi sumber aslinya. Daftar pustaka biasanya berisi judul buku, artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang mempunyai kaitan dengan sebuah karangan tertentu.

10

Pengertian di atas telah mewakili pengertian daftar pustaka menurut para ahli karena objek kajian yang sama dan bidang yang sama pula. Fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan pada penulis bahan yang dirujuk terhadap hasil karyanya yang turut ikut serta dalam penulisan sebuah karya. Selain itu, daftar pustaka juga memberikan arah bagi pembaca yang ingin meneruskan kajian atau telaah terhadap karya yang bersangkutan. Fungsi lainnya adalah daftar pustaka bisa dijadikan tolok ukur untuk menjaga profesionalitas penulis agar tidak disebut sebagai plagiat (kegiatan copy paste tulisan orang lain).

Seiring perkembangan informasi dan ilmu, daftar pustaka tidak hanya bisa didapat dari buku atau karya tulis cetak. Saat ini telah banyak daftar pustaka yang diambil dari internet dalam bentuk artikel, jurnal, blog, dan jenis-jenis informasi lainnya. Hal ini karena pembaca banyak yang lebih tertarik pada sumber-sumber dari internet karena lebih baru dan lebih luas. Selain itu, kelebihan dari sumber maya ini adalah bisa diakses dengan mudah dan cepat mengingat kecanggihan internet terus mengalami kemajuan yang pesat. Namun, bukan berarti jenis sumber ini tidak memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan yang paling nyata adalah sumber yang didapat melalui internet terkadang diragukan keakuratannya karena bahan tersebut bisa ditulis oleh sembarang orang, bukan selalu ditulis oleh ahli. Oleh karena itu, biasanya tidak semua penilai menyetujui bila penulis menggunakan sumber dari internet, khususnya untuk karya tulis ilmiah yang sangat resmi dan bernilai, seperti skripsi. Di dalam pengertian daftar pustaka menurut para ahli yang diwakili oleh KBBI di atas tidak disebutkan bahwa sumber dari internet dilarang, hanya saja tidak semua orang menggunakannya dan menjadikannya sebagai sumber resmi dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

 

Related Posts