Pengertian Processor Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Komputer telah dikenal sebagai perangkat serba bisa yang sangat memudahkan manusia dalam bekerja. Segala macam pengolahan data dan sistem bisa dilakukan oleh komputer, tergantung tingkat kecanggihannya. Pernah Anda bertanya, apa yang membuat komputer bisa”berpikir” untuk melakukan semua itu? Alat apa yang terpasang di dalamnya? Processor, itulah jawabannya. Alat yang dikenal sebagai otak komputer inilah yang menerima dan memberikan perintah kepada seluruh komponen di dalam komputer, baik software maupun hardware, untuk melakukan tugas sesuai dengan porsinya masing-masing. Apa pengertian processor sebenarnya? Dan apa pengertian processor menurut para ahli? Hal tersebut akan diulas di keterangan di bawah ini.

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol seluruh proses di dalam sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor bertugas sebagai pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Ukuran processor saat ini telah mencapai satuan Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut menandakan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi. Dulu processor terpasang di CPU berupa slot, tetapi sekarang telah berubah dalam bentuk socket yang ada di dalam motherboard dan bisa diganti dengan processor yang lainnya bila memang diperlukan asal ukurannya sesuai.

7

Selain pengertian di atas, terdapat pula pengertian processor menurut para ahli. Tak sedikit para pakar teknologi mengemukakan pendapatnya, hal ini karena segala hal mengenai komputer selalu menarik untuk diteliti lebih lanjut. Berikut ini pengertian-pengertian tersebut.

  • Menurut IR. Sugiyono, processor adalah perangkat terpenting dalam komputer sebagai tenaga pelaksana eksekusi perintah atau program di dalamnya.
  • Menurut Raya Fahreza, processor adalah bagian terpenting dari komputer berfungsi untuk mengontrol segala aktivitas yang ada di komputer.
  • Menurut Ajen Dianawati, processor adalah suatu alat untuk mengolah atau memproses data berupa tulisan angka, maupun gambar di komputer.
  • Menurut Rahmat Putra, processor adalah sebuah komponen penting berfungsi untuk mengendalikan semua komponen di dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstal di dalam komputer.
  • Menurut Ali Zaki & Smitdev Community, processor adalah otak dari komputer yang memproses masukan informasi biner dari komputer.
  • Menurut Lia Kuswayatno, processor adalah sebuah chip yang menjadi pengolah utama dan pusat pengendali perangkat komputer.
  • Menurut Juharis Rasul & Abdul Hamid, processor adalah pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.
  • Menurut Erima Oneto, processor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang bekerja dengan dukungan komponen lainnya.

Berdasarkan pengertian processor menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa processor merupakan bagian yang sangat penting di dalam perangkat komputer. Ia memiliki fungsi utama untuk memproses semua data yang diterima dari input yang kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk output. Processor akan terus terhubung dengan komponen komputer lainnya, seperti hardisk dan RAM. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja, yakni 0 dan 1. Nol (0) menandakan bahwa tidak adanya sinyal listrik, sedangkan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik. Awalnya processor hanya digunakan untuk proses aritmatika saja, tetapi sekarang telah berkembang untuk aplikasi multimedia juga.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts