Pengertian dan Fungsi MPR

 Pengetahuan

Majelis Permusyawaratan Rakyat, disingkat MPR merupakan lembaga tertinggi di negara Indonesia. Jika hanya memiliki perngertian seperti ini, dapatkah anda memahaminya? Masih ingatkah anda tentang pengertian dan fungsi MPR. Tema ini mungkin pernah kita pelajari saat dulu kita duduk di bangku sekolah. Untuk kembali mengingat pembahasan di waktu lalu, simaklah pembahasan berikut ini.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi MPR. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diartikan sebagai lembaga tertinggi di negara Indonesia yang strukturnya di bentuk bedasarkan pemilihan langsung legislative , bersamaan dalam penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tugas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diperlukan untuk menjaga dan melakukan pengawasan terhadap berbagai lembaga tinggi negara lainnya. Dalam menjalankan tugasnya, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memiliki beberapa fungsi, fungsi tersebut telah di tetapkan dan diatur dalam Undang – Undang dasar negara Republik Indonesia pasal 3 dan pasal 8 ayat (2) dan ayat (3) tahun 1945. Beberapa fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan disebutkan sebagai berikut :

1

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berfungsi untuk mengubah dan menetapkan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berfungsi untuk melantik seorang Presiden dan Wakil Presiden sesuai dengan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berfungsi untuk melantik seorang Wakil Presiden menjadi seorang Presiden, apabila Presiden yang bersangkutan berhenti, diberhentikan atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya. Dan jika terjadi kekosongan jabatan Presiden, MPR betugas untuk segera menyelenggarakan siding paripurna MPR untuk melantik wakil Presiden menjadi Presiden.
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berfungsi untuk memilih wakil presiden, apabila terjadi kekosongan jabatan untuk seorang wakil presiden. Mpr akan menyelenggarakan siding paripurna dalam waktu paling lambat 60 hari untuk memilih wakil Presiden dari dua calon yang diusulkan oleh Presiden
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berfungsi untuk memberhentikan Presiden / wakil Presiden sesuai dengan masa jabatannya yang telah tercantum dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) juga berfungsi dan berhak untuk menetapkan dan mengubah GBHN ( Garis – Garis Besar Haluan Negara)

Sudah pahamkah anda tentang pengertian dan fungsi MPR? Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan bagian dari ketatanegaraan negara Republik Indonesia. Jadi, sudah seharusnya kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik mengerti dan memahami tentang struktur dan bagian dari ketatanegaraan kita.

Penulis rasa pembahasan artikel dengan judul pengertian dan fungsi MPR kali ini cukup. Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan untuk anda yang membacanya. Penulis juga berharap pembahasan kali ini memberikan kata – kata baru yang membuat pembaca penasaran, sehingga anda akan terus mencari dan mencari ilmu tersebut demi menghilangkan rasa penasaran anda. Teruslah membaca, mencari ilmu alam yang tidak ada batasnya, jangan batasi diri kita untuk mencari ilmu tersebut! Karena ilmu apapun yang kita kuasai jika digunakan dengan baik, akan memberikan manfaat yang baik juga di kehidupan kita mendatang.

Related Posts