Pengertian Profesional Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Istilah profesional berasal dari kata profesi, dalam bahasa Inggris “profess” yang bermakna janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap atau permanen. Kaitan profesi dengan profesional terletak pada peran individunya. Bila seseorang memiliki suatu profesi, ia disebut sebagai profesional. Hal tersebut merupakan pengertian menurut istilah dan asal kata. Bagaimana dengan pengertian profesional menurut para ahli? Selain pengertian di atas, profesional juga bisa dikatakan sebagai suatu aktivitas yang layak untuk diberi bayaran yang setimpal, sebagai lawan kata dari amatir.

10

Pengertian di atas bisa ditegaskan dengan pengertian ahli. Berikut ini ada beberapa pengertian ahli mengenai istilah profesional.

  • Menurut Oerip S. Poerwopoespito, profesional adalah sebuah sikap yang mengacu pada peningkatan kualitas profesi.
  • Menurut Lisa Anggraeny, profesional adalah suatu tuntutan bagi seseorang yang sedang mengemban amanahnya agar memperoleh proses dan hasil yang optimal.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), profesional adalah sesuatu yang bersangkutan dengan profesi yang memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.
  • Menurut Daryl Koehn, profesional adalah orang yang memberikan pelayanan kepada klien.
  • Menurut Aholiab Watloly, profesional adalah orang yang disiplin dan menjadi “kerasan” dalam pekerjaannya.
  • Menurut Kusnanto, profesional adalah seseorang yang memiliki kompetensi dalam suatu pekerjaan tertentu.
  • Menurut Roy Suryo, profesional adalah seseorang yang mendapat pengakuan dari seorang pelaku, bukan pengakuan publik atau lembaga terkait.
  • Menurut Budy Purnawanto, profesional dalah bagian dari proses, fokus kepada output, dan berorientasi ke pelanggan.
  • Menurut Hary Suwanda, profesional adalah seorang yang ahli di bidangnya dan mengandalkan keahliannya sebagai mata pencahariannya.
  • Menurut A. Prasetyantoko, profesional adalah elemen individual yang terletak dalam rangkaian besar mesin kapitalisme.
  • Menurut Tanri Abeng, profesional adalah seseorang yang mampu menguasai ilmu pengetahuannya secara mendalam, melakukan kerativitas dan inovasi atas bidang yang digelutinya, serta harus selalu berfikir positif dengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi.

Berdasarkan pengertian profesional menurut para ahli di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa profesional itu selalu dikaitkan dengan pencapaian sukses dalam bekerja, profesional juga berkaitan dengan ahli dan bekerja sesuai dengan bidangnya. Seseorang yang memiliki sikap profesional akan terus menekuni pekerjaannya dengan kahlian yang dimilikinya. Selain itu, seseorang yang profesional harus mampu melalukan inovasi dan mengembangkan kemampuannya agar tetap bisa bersaing dengan yang lainnya.

Sebuah sumber menyatakan bahwa ada tiga hal pokok yang harus dipegang dan dilakukan oleh orang yang bekerja dengan profesional. Sikap profesional memang harus selalu dikonsep dan dikontrol dalam diri seseorang agar tida hilang. Tiga hal pokok tersebut adalah tidak memaksa, tidak berjanji, dan tidak mengiba. Tidak memaksa maksudnya tidak menekan pihak lain untuk melakukan seperti apa yang dilakukannya karena ia memiliki kekuatan. Tidak berjanji maksudnya selalu ikhlas dalam menghadapi apapun dan tidak menjanjikan apapun untuk mencapai keberhasilan dan menghadapi kegagalan. Tidak mengiba maksudnya selalu tabah dalam menghadapi segala kesulitan, tidak meminta-minta dan selalu sabar dalam menjalani permasalahan. Demikian ulasan mengenai pengertian profesional menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Related Posts