Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pengertian jasa menurut para ahli tak bisa lepas dari pelayanan karena jasa bisa disebut juga dengan layanan. Secara umum, jasa adalah pemberian suatu kinerja atau tindakan tak kasat mata dan satu pihak kepada pihak yang lain. Wikipedia menyebutkan bahwa jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan interaksi antara produsen dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Jasa biasanya diproduksi dan dikonsumsi dalam waktu yang bersamaan, maksudnya langsung dilakukan saat itu juga antara pemberi jasa dengan penerima jasa tersebut. Jasa disebut bersifat tak teraba karena produknya tidak dapat dilihat, tetapi bisa dirasakan manfaatnya untuk pemenuhan kebutuhan kepuasan konsumen.

9

Pengertian mengenai jasa juga diungkapkan oleh banyak ahli. Pengertian-pengertian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menurut Zeithaml dan Bitner, jasa adalah aktivitas ekonomi dengan output selain produk yang dikonsumsi dan diproduksi pada saat yang bersamaan, memberikan nilai tambah dan tidak berwujus bagi pembelinya.
  • Menurut Adrian Payne, jasa adalah aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible yang berkaitan dengannya, melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
  • Menurut Norman, jasa adalah tindakan dan interaksi yang berupa kontak sosial antara produsen dengan konsumen, lebih dari sekadar hasil suatu yang tak terhalang.
  • Menurut Philip Kotler, jasa adalah tindakan yang ditawarkan oelh satu pihak ke pihak lain bersifat tak bersujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan.
  • Menurut Djaslim Saladin, jasa adalah kegiatan atau manfaat tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak yang lain.
  • Menurut Christian Gronross, jasa adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan.

Berdasarkan pengertian jasa menurut para ahli di atas, ada beberapa karakteristik jasa yang bisa ditemukan. Karakteristik tersebut tersirat di dalam definisi yang dikemukakan oleh para pakar. Karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pertama, jasa merupakan sesuatu yang tidak berwujud atau abstrak, tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kedua, dalam proses produksinya jasa bisa menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik. Ketiga, jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan. Keempat, adanya interaksi antara penyedia jasa dan pengguna jasa. Dan kelima, jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan sehingga konsumen harus berada di tempat dan mengikuti proses produksinya.

Ada banyak jenis jasa yang tersebar dan dikonsumsi oleh masyarakat. Produk-produk tersebut merupakan jasa yang paling banyak diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat. Jenis-jenis jasa tersebut diklasifikasikan menjadi beberapa macam, yakni perumahan, usaha rumah tangga, rekreasi dan kegemaran, perawatan pribadi, bisnis dan bidang profesi, asuransi dan jasa finansial, transportasi, dan komunikasi. Masing-masing jenis tersebut memiliki produk yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat. Klasifikasi jenis jasa tersebut menjadi salah satu hal yang juga tersirat dalam pengertian jasa menurut para ahli.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts