Pengertian Hosting Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Di zaman yang semuanya serba dilakukan menggunakan teknologi komputer dan jaringan internet ini, istilah hosting mungkin bukan hal yang awa bagi sebagian besar orang. Apa hosting itu? Apa pula pengertian hosting menurut para ahli? Istilah hosting memiliki kaitan yang sangat erat dengan informasi yang disampaikan melalui website, situ, atau blog. Bahkan saat ini telah banyak situs-situs baru bermunculan dari berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, entertainment, liburan, makanan, dan lain sebagainya yang memanfaatkan hosting sebagai salah satu komponennya.

Hosting adalah sebuah layanan jasa penyewaan di jaringan internet yang menyediakan ruang data untuk memungkinkan seseorang atau kelompok menampilkan layanan jasa atau produknya agar dapat diakses secara mudah melalui komputer. Hosting juga bisa diartikan sebagai sebuah tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan skrip atau media lainnya, seperti gambar, MP3, video, dan lain-lain di internet. Data yang disimpan dalam hosting ini bisa diakses oleh seluruh pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Bagaimana caranya? Dengan mempublikasikannya ke sebuah situs dan hosting berperan sebagai tempat menyimpan semua file dan database yang diperlukan. Akses ini bisa dilakukan secara simultan atau pun bersamaan. Server ini mampu menyimpan file dengan berbagai macam satuan, yakni MB (Megabyte), GB (Gigabyte), dan TB(Terabyte).

5

Dalam pengertian hosting menurut para ahli, ada dua jenis hosting, yakni hosting berbayar dan hosting gratis. Hosting berbayar mempunyai proses upload yang lebih mudah dan cepat. Selain itu tingkat keamanan dari hosting berbayar lebih terjamin dan mudah mengelolanya bila dibandingkan dengan hosting gratis. Namun, tentu ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan semua kemudahan dan fasilitas tersebut. Hal inilah yang paling membedakan antara hosting berbayar dan hosting gratis. Bagi mereka yang menggunakan hosting untuk kegiatan bisnis disarankan menggunakan hosting berbayar karena lebih profesional, mudah, aman, dan cepat. Bentuk profesionalitas hosting berbayar akan tampak pada nama domainnya, yakni com, net, co.id, dan lain-lain. Terlihat lebih elegan dan profesional bukan bila kita memiliki hosting dengan akhiran tersebut?

Hosting menyediakan layanan dan fitur http yang dipakai untuk mempublikasikan informasi yang ada di dalamnya. Misalnya saja, email (untuk berkomunikasi surat menyurat melalui internet), FTP (untuk mengirim dokumen ke server hosting), database (untuk menyimpan sekumpulan data dengan format tertentu), dan web server (untuk memberikan layanan informasi yang dapat diakses menggunakan browser). Fitur-fitur tersebut memiliki fungsi yang sama yakni memudahkan pengguna untuk berselancar di dunia internet dengan berbagai jenis data dan kebutuhannya.

Pengertian hosting menurut para ahli juga memaparkan mengenai pembayaran hosting. Bagi Anda yang berencana menggunakan hosting berbayar, harga yang dipasang oleh perusahaan hosting biasanya didasarkan atas space yang digunakan. Semakin besar space, maka akan semakin mahal harganya. Pembayaran hosting bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni bulanan atau tahunan. Sistem penyewaan hosting yang kita gunakan akan membuat situs yang kita buat selalu online meskipun tak menyediakan satu komputer khusus yang selalu online. Tentunya hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi pemilik situs tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts