Manfaat Telur Penyu bagi Kesehatan

 Kesehatan

Pernahkah Anda membayangkan melihat atau bahkan mengonsumsi telur penyu? Bila selama ini Anda hanya familiar mengonsumsi telur ayam, telur puyuh, atau telur itik, mungkin telur penyu bisa menjadi alternatif selanjutnya dalam daftar destinasi kuliner Anda. Selain rasanya yang nikmat, manfaat telur penyu bagi kesehatan juga tidak kalah dengan telur-telur hewan unggas di atas. Banyak orang yang percaya bahwa telur penyu memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Telur penyu diyakini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan gairah se*ks pria dewasa. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka. Benarkah anggapan tersebut hanya sebuah mitos atau fakta yang sesuai dengan hasil penelitian?

Telur penyu mempunyai ciri fisik yang tidak jauh berbeda dengan telur ayam. Telur penyu memiliki fisik bulat sampai lonjong dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung jenisnya, usia, dan sifat genetiknya. Telur penyu memiliki susunan yang sama seperti telur pada umumnya, yakni kulit (cangkang) telur, putih telur dan kuning telur. Kulit telur penyu sangat keras tersusun dari garam-garam organik. Pada telur baru, pori-pori masih dilapisi kurtikula yang terdiri atas 90% protein dan sedikit lemak yang mampu mengurangi penguapan air dan mencegah masuknya mikroba dari luar. Putih telurnya terdiri atas 40% putih telur encer dan 60% putih telur kental. Kuning telur penyu merupakan temoat embrio sama dengan telur lainnya. di dalam kuning telur ini banyak terdapat zat-zat gizi yang sangat penting bagi perkembangan embrio di dalamnya.

4

Yang membedakan telur penyu dengan telur hewan lainnya adalah putih dan kuning telur penyu tidak tercampur karena adanya kalaza yang mengikat bagian kuning telur dan membran vitelin yang elastis. Manfaat telur penyu bagi kesehatan bisa didapat baik dari bagian putih maupun kuningnya. Berikut ini adalah manfaat yang dimaksud dari telur penyu.

  • Sebagai sumber protein alami yang mengandung 40 jenis protein dan nutrisi lainnya seperti potassium, kalsium, fosfor, dan seng. Dari protein alami ini mampu menghasilkan asam amino yang baik untuk pembentukan otot.
  • Sebagai sumber energi karena kandungan trigliserida dan fosfolipida.
  • Mampu mengurangi berat badan karena memberikan energi untuk membakar lemak dan kalori sambil membentuk otot.
  • Membantu mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan dan katarak karena kandungan antioksidan dan lutein.
  • Mampu mencerahkan dan melembabkan kulit wajah serta mempercepat proses regenerasi kulit wajah.
  • Komposisi asam amino telur penyu sangat lengkap dan berimbang dibandingkan daging ayam dan susu sehingga hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk pertumbuhan maupun pergantian sel-sel yang rusak.

Dibalik manfaat telur penyu bagi kesehatan di atas, ada fakta mencengangkan dari penelitian baru-baru ini. Telur penyu juga mengandung senyawa beracun yang disebut PCB (polychlorinated biphenyl) yang tergolong sebagao logam berat yang mampu memicu berbagai risiko kesehatan seperti kanker, kerusakan sistem saraf, dan gangguan hormon. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut karena racun yang dimaksud tidak akan bereaksi bila Anda mengetahui cara mengolah dan mengonsumsi telur penyu dengan benar.

Related Posts