Pengertian Global Warming Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Global warming atau pemanasan global menjadi topik yang hangat diperbincangkan beberapa tahun belakangan ini. Kondisi bumi yang semakin memburuk menyebabkan keadaan yang kita rasakan semakin panas. Kondisi ini sebenarnya terjadi akibat ulah ceroboh manusia itu sendiri. Pencemaran lingkungan menjadi faktor utama penyumbang kerusakan bumi yang disebabkan oleh manusia. Pencemaran ini berbagai macam bentuknya, mulai dari polusi udara, efek rumah kaca, bom nuklir, dan penebangan liar yang setiap tahun semakin marak. Untuk lebih memahami mengenai apa itu global warming, mari kita simak beberapa pengertian global warming menurut para ahli dan organisasi yang akan dibahas di bawah ini.

6

                Berikut ini beberapa pengertian global warming yang telah disampaikan oleh banyak ahli dan organisasi.

  • Wikipedia sebagai situs ensiklopedia online terbesar mengartikan global warming sebagai peningkatan suhu rata-rata permukaana bumi secara terus-menerus.
  • Menurut sebuah organisasi bernama Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, global warming adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi baik yang telah lalu atau pada masa sekarang. Peningkatan suhu ini sebagian besar disebabkan oleh efek rumah kaca di atmosfir bumi.
  • Asosiasi Energi Matahari New Mexico mengartikan global warming sebagai peningkatan temperature rata-rata permukaan bumi sebagai dampak buruk dari efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah saat di mana terperangkapnya panas bumi yang disebabkan oleh gas emisi di atmosfir.
  • Menurut Natural Resources Defense Council, global warming adalah krisis lingkungan terbesar yang terjadi saat ini ketika atmosfir bumi dipenuhi oleh panas yang terperangkap gas karbondioksida yang dapat menimbulkan bencana di bumi.
  • Sebuah organisasi bernama National Wildlife Federation mengatakan bahwa global warming adalah peristiwa di mana panas bumi semakin meningkat hari demi hari, selain itu hujan dan banjir semakin meningkat, badai semakin hebat, dan bencana kekeringan banyak terjadi di mana-mana.

Berdasarkan pengertian global warming menurut para ahli di atas, tak sedikit pakar yang menyebutkan bahwa pemanasan global yang saat ini kita rasakan kebanyak terjadi akibat efek rumah kaca yang semakin hari semakin hebat. Hal tersebut terjadi akibat meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Efek rumah kaca ini terjadi akibat banyak hal, banyaknya gas emisi yang terbuang setiap harinya, pabrik-pabrik yang membuang limbah sembarangan, dan banyak sebab lainnya. Meningkatnya suhu akibat pemanasan global akan menyebabkan perubahan-perubahan fenomena ekstrem seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya fenomena cuaca ekstrem, serta perubahan jumlah dan pola hujan, salju, dan lain-lain.

Berbagai pengertian global warming menurut para ahli tersebut harus bisa meningkatkan pemahaman dan kesadaran kita tentang arti penting keadaan ini dan sebab akibat yang ditimbulkannya. Akibat dari pemanasan global sangat berbahaya dan dapat mengancam kelangsungan hidup umat manusia di permukaan bumi. Beberapa akibat yang ditimbulkan tersebut adalah.

  • Kebakaran hutan akan lebih sering terjadi. Suhu yang meningkat memicu munculnya api pada daun-daun dan dahan-dahan kering di hutan. Jika hutan terbakar maka asap akan mencemari lingkungan dan menyebabkan pemanasan global yang lebih parah. Hal ini seperti bahaya bertubi-tubi dan saling berurutan.
  • Es di kutub meleleh. Melelehnya gumpalan raksasa es di kutub bisa menyebabkan banjir dahsyat yang siap menenggelamkan bumi. Saat ini saja permukaan air laut di bumi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal tersebut dikarenakan es di kutub telah mencair sedikit demi sedikit.
  • Cuaca-cuaca ekstrem mengancam bumi. Di Indonesia saja cuaca tak lagi teratur. Musim hujan dan kemarau tak bisa diprediksi. Kekeringan terjadi di mana-mana, bahkan di bagian negara lain banyak terjadi badai salju dan cuaca dingin yang ekstrem.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

Related Posts