Pengertian Banjir Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

            Kalian tentunya sering mendengar persoalan banjir, bukan? Banjir seolah ada dimana-mana. Dan kita sebagai manusia seolah tidak berkuasa untuk mencegahnya. Padahal banjir bukanlah suatu bencana alam. Banjir cenderung merupakan suatu bencana sebagai bentuk dari akibat ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan sekitar, seperti: tanah yang gersang, daerah resapan air yang sedikit, kurangnya penanaman pohon dan lain sebagainya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya hendak membahas pengertian banjir menurut para ahli.

            Pengertian banjir menurut para ahli yang pertama datang dari Pengarahan Banjir Uni Eropa yang mengatakan bahwa banjir adalah perendaman daratan oleh air yang berjumlah sangat banyak yang nantinya akan kembali surut, sehingga bersifat sementara. Sedangkan menurut Wikipedia, banjir adalah suatu keadaan dimana terdapat aliran air dengan volume besar yang merendam daratan akibat dari jebolnya suatu bendungan atau luapan sungai, sehingga air tersebut meluap atau keluar dari batasan semestinya.

3

            Pengertian banjir menurut para ahli lainnya menyatakan bahwa banjir disebabkan oleh daya serapan tanah suatu daerah atau wilayah yang buruk karena kegersangan atau mungkin dapat disebabkan juga karena jumlah curah hujan yang melebihi batas normal sehingga tanah tak mampu lagi menyerap air. Pada dasarnya banjir tidak hanya terjadi didaerah yang rendah, banjir juga dapat terjadi di tenpat yang tinggi. Karena banjir dapat terjadi dimana saja jika tempat itu tak memiliki daerah serapan yang cukup. Terutama saat musim penghujan tiba. Hujan yang turun terus menerus menyebabkan air yang turun semakin banyak seingga memenuhi sungai dan saluran-saluran air yang telah penuh. Ini sangat mungkin disebabkan karena sungai atau aliran tersebut tersumbat dasarnya.

            Pengertian banjir menurut para ahli selanjutnya mendefinisikan banjis sebagai suatu keadaan dimana suatu daerah atau wilayah berada pada posisi yang tergenang oleh air dalam volume yang begitu banyak dan begitu besar dan tidak dapat ditampung lagi oleh sungai, bendungan serta tidak dapat diserap lagi oleh tanah dan pohon yang berfungsi sebagai daerah resapan. Dewasa ini banjir merupakan bencana yang paling sering menimpa atau dialami penduduk di Indonesia. Tidak hanya daerah perkotaan yang terkena banjir, bahkan daerah pedesaan yang pada dasarnya merupakan daerah yang asri dan subur kini mulai dirambati banjir. Bencana banjir juga merupakan salah satu bencana yang cukup merugikan orang yang mengalaminya dalam segi ekonomi terutama. Hingga detik ini pun pemerintahan belum, berhasil menemukan titik cerah untuk menangani kasus banjir yang kian lama kian berkembang pesat, hingga sangat sulit untuk dicegah.

 

            Nah! Lewat artikel pengertian banjir menurut para ahli ini, saya sangat mengharapkan kalian semua dapat menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana yang justru akan membuat kita terlempar pada kesusahan. Ayo belajar mencintai lingkunganmu mulai dari sekarang. Maka lingkungan akan mencintaimu kembali dengan memberikan suasana yang aman dan nyaman. Demikianlah artikel yang dapat saya bagi kepada kalian semua, semoga artikel  ini dapat menguba sikap dan perilaku anda terhadap lingkungan sekitar. Dan seperti biasa, terima kasih telah membaca!^^

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian lingkungan , pengertian pasar , pengertian sosiologi , pengertian banjir , pengertian informasi , pengertian novel , pengertian global warming , pengertian kesehatan , pengertian asuransi

 

Related Posts