Pengertian Motherboard Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Motherboard merupakan salah satu komponen hardware atau perangkat keras dalam sebuah perangkat komputer. Hardware sendiri merupakan salah satu komponen komputer yang bisa dilihat, disentuh, dan diganti bila terjadi kerusakan. Bedanya dengan software adalah kelebihannya untuk bisa disentuh dan diperbaiki secara elektro mesinnya. Dan motherboard menjadi salah satu komponen yang seperti itu. Pengertian motherboard menurut para ahli juga akan menjelaskan hal yang sama dan bahkan lebih terperinci. Hardware yang berada di perangkat komputer bisa dibagi menjadi dua, yakni hardware utama dan hardware tambahan. Motherboard merupakan salah satu hardware utama yang ada di setiap komputer. Itu sebabnya segala hal mengena motherboard penting untuk diketahui.

                Motherboard, yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah papan induk, merupakan perangkat keras komputer yang berbentuk papan dan tempat dimana semua hardware komputer terpasang dan saling berhubungan. Motherboard juga bisa dimaknai sebagai sebuah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik komputer saling terhubung yang memiliki program penggerak (chip bios), jalur-jalur, dan konektor sebagai penghubung akses untuk masing-masing perangkat. Karena fungsinya yang sangat vital inilah motherboard menjadi hardware utama pada setiap perangkat komputer. Keadaan motherboard harus tersu dijaga agar bisa memberikan fungsi optimal bagi proses kerja komputer. Motherboard bisa dikatakan sebagai tulang punggu dari sistem komputer karena semua komponen terhubung dengan motherboard, baik langsung maupun tidak langsung.

7

                Sebelum membahas mengenai pengertian motherboard menurut para ahli, kita bahas dulu mengenai sejarahnya. Dulu, komponen-komponen pada komputer, seperti CPU dan memori, diletakkan di sebuah kartu tersendiri lalu dihubungkan dengan kabel-kabel perantara. Karena itu tampilannya sangat tidak tertata dan sulit sekali menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Sehingga para pengembang teknologi komputer terpikir untuk membuat sebuah tempat khusus untuk menampung semua peripheral komputer tersebut. Maka terciptalah sebuah papan yang berisi berbagai macam slot untuk tempat menghubungkan komponen-komponen PC yang disebut dengan motherboard. Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977 oleh Apple untuk produk Aplee II.

                Fungsi utama dari motherboard adalah untuk pusat penghubung antara satu hardware dengan hardware yang lainnya. Dengan kata lain, motherboard memiliki tugas untuk menguhungkan kode-kode antarperangkat keras untuk disatukan menjadi sebuah perintah dan aktivitas yang dilakukan oleh komputer. Perangkat keras yang dihubungkan melalui motherboard adalah processor, RAM, harddisk, power supply, dan hardware-hardware penting lainnya. Bila Anda bisa melihat bentuk motherboard, di sana akan tampak slot-slot yang bisa diisi oleh perangkat-perangkat keras tersebut. Kesemuanya harus bisa berfungsi dan berhubungan dengan baik. Bila salah satu komponen rusak bisa diperbaiki, tetapi bila motherboard yang bermasalah akan memengaruhi sistem kerja hardware yang dihubungkannya.

                Pengertian hardware menurut para ahli juga mencakup komponen-komponennya. Motherboard berisi komponen-komponen berikut ini (1) soket CPU untuk menyisipkan processor, (2) north bridge dan south bridge merupakan titik fokus mother board, (3) slot RAM untuk menyisipkan RAM, (4) slot AGP untuk memasukkan AGP card, (5) PCI untuk menyisipkan Add-on Card, (6) CMOS merupakan baterai pemasok power untuk memori kecil, (7) konektor IDE atau konektor PATA, (8) konektor SATA untuk menghubungkan perangkat serial ATA, dan (9) BIOS merupakan salah satu chip untuk melakukan power on self test.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts