Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Marketing mix mungkin bukan istilah yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Istilah bermakna sama dan sering digunakan oleh masyarakat adalah bauran pemasaran. Dari keduanya sudah diketahui dengan jelas bahwa istilah ini mengacu pada bidang ekonomi dan bisnis. Marketing mix biasanya dipelajari di  jurusan manajemen pemasaran karena dianggap sebagai salah satu konsep dalam pemasaran modern.konsep itulah yang menentukan keberhasilan dalam manajemen pemasaran untuk menetukan keuntungan maksimal. Lalu, seperti apa pengertian marketing mix menurut para ahli? Konsep yang dimaksud bisa lebih diperjelas dengan berbagai definisi mengenai marketing mix.

                Marketing mix secara umum bisa diartikan sebagai strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu dan bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada di dalamnya. Pengertian lain menyebutkan bahwa marketing mix adalah variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta alat yang digunakan perusahaan dalam mencapai segala tujuannya. Dalam kehidupan modern ini, marketing mix menjadi salah satu konsep pemasaran modern yang diterapkan oleh banyak perusahaan sebagai salah satu sistem yang dilakukan untuk menarik konsumen.

5

                Untuk pemahaman lebih lanjut, definisi yang diungkapkan oleh para pakar ekonomi dan manajemen di dunia juga bisa dijadikan bahan pembelajaran. Berikut ini adalah pengertian marketing mix menurut para ahli yang diungkapkan oleh Kotler, Amstrong, dan Swastha. Menurut Kotler dan Amstrong, marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang bisa dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan tingkat penjualan yang diinginkan oleh target pemasaran. Sedangkan menurut Swastha, marketing mix adalah kombinasi atau gabungan dari empat variabel atau kegiatan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi. Kedua pengertian di atas sama-sama menekankan marketing mix pada variabel pemasaran yang memang diperlukan dalam sistem pemasaran suatu perusahaan.

                Dalam sebuah perusahaan yang menjalankan marketing mix, ada empat strategi yang biasa disebut dengan 4P. Keempat strategi tersebut dikemukakan oleh Kotler, seorang pakar marketing dunia. Strategi-strategi yang dimaksud Kotler tersebut adalah product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Product adalah hal yang ditawarkan pada pasar untuk mendapatkan perhatian agar dimiliki, digunakan, dan dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan. Price adalah nilai yang digunakan untuk mengukur nilai suatu barang dan produsen menentukan permintaan pasar dan bersaing merebut konsumen. Place adalah tempat yang tepat untuk memasarkan produk yang sudah diproduksi agar bisa dinikmati konsumen secara maksimal. Promotion adalah  strategi promosi atau periklanan yang dipilih oleh perusahaan harus tepat agar informasi mengenai produk bisa diterima oleh konsumen.

                Selain empat hal di atas, masih ada dua hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, yakni kekuatan politik dan hubungan masyarakat. Kedua hal tersebut mungkin tidak memiliki pengaruh sebesar empat strategi di atas, tetapi keduanya tetap harus diperhatikan agar pemasaran lebih efektif. Demikian ulasan mengenai pengertian marketing mix menurut para ahli. Di dunia perekonomian modern ini marketing mix memang sangat diperlukan untuk menghubungkan produsen dengan konsumen.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts