Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Di dunia yang serba canggih, teknis, dan modern ini, jaringan internet merupakan kebutuhan hampir seluruh orang di dunia. Mulai dari lapisan masyarakat bawah hingga atas, tua muda, kaya miskin, pria wanita, anak-anak hingga orang tua, semua membutuhkan internet untuk berbagai macam keperluan, seperti mencari dan menyebarkan informasi, game, sosial media, dan masih banyak lagi. Hal ini jelas sangat sesuai dengan slogan pengertian jaringan internet yang menyatakan bahwa “Dunia berada tepat di genggaman tangan Anda”. dari slogan tersebut sudah bisa dipahami bahwa segala hal di dunia ini bisa ditemukan dan dicari keberadaannya dengan menggunakan internet.

Internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia tanpa batas (semua orang bisa bergabung dengan internet hanya dengan mengoneksikan komputernya dengan penyedia layanan internet), dapat dikategorikan sebagai WAN. Internet awalnya bernama International Networking atau jaringan internasional karena mampu menghubungkan komputer dan penggunanya secara internasional. Namun, seiring pemakaiannya yang dilakukan oleh milyaran orang maka disingkat internet agar lebih simpel dan tidak terlalu panjang pengucapannya. Jaringan internet merupakan suatu rangkaian komputer terbesar di dunia dan akan terus berkembang mengikuti kemajuan teknologi komunikasi yang tak pernah berhenti sampai sekarang. Internet akan terus melakukan banyak perubahan dan pengembangan di berbagai komponennya.

2

Pengertian jaringan internet di atas menekankan konsep internet hanya pada perangkat komputer saja, tetapi hal tersebut sebenarnya hanya merupakan sebuah definisi secara umum saja. Karena kenyataannya sekarang ini, internet tidak hanya mampu diakses melalui perangkat komputer saja, melainkan bisa dinikmati dari berbagai macam ilmu komunikasi dan teknologi, seperti handphone, smartphone, televisi, tablet, laptop, notebook, dan lain sebagainya. Internet mampu memfasilitasi komunikasi layanan data seperti halnya remote login, transfer file, email (surat elektronik), World Wide Web, dan newsgroup. Caranya adalah dengan berhubungan satu sama lain dengan memakai suatu bahasa standar protokol yang disebut dengan TCP dan IP. Setiap komputer yang berada dalam jaringan internet memiliki alamat masing-masing yang disebut dengan IP Address. Sedangkan TCP adalah suatu sistem jaringan internet dengan cara pesan sehingga informasi yang dikirim atau diterima dapat memahami pengertian yang sama.

Awalnya internet hanya diperuntukkan untuk kepentingan militer dan akademis saja. Dimulai tahun 1969 saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat merasa bahwa negaranya berada dalam kondisi tidak aman sebagai akibat dari perang dingin Uni Soviet. Mereka membutuhkan suatu jaringan komputer yang mampu menghubungkan masing-masing komputer untuk bisa berkomunikasi dan mengirim informasi. Akhirnya dibuatlah jaringan internet pertama bernama APANET. Pada tahun 1985, jaringan internet memasuki modernisasi dengan dukungan dari National Science Foundation membentuk NSFNET. Mulai dari situlah perkembangan internet terus berlanjut hingga sekarang.

Di dalam pengertian jaringan internet terdapat sebuah istilah yang disebut dengan domain. Domain internet dobagi menurut standar IPv4 dan diidentifikasi melalui nomor IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan tanda titk. Ti[e-tipe domain yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • .com = organisasi komersil
  • .edu  = institusi pendidikan di Amerika
  • .ac    = institusi akademik
  • .gov  = institusi pemerintah
  • .mil   = organisasi militer
  • .net   = penyedia akses jaringan
  • .org   = organisasi non-profit

Related Posts