Fungsi Komposisi dan Invers

 Pengetahuan

Setelah membahas fungsi komposisi di pembahasan sebelumnya, sekarang kita akan membahas fungsi komposisi dan invers, dan membahas hubungan diantara keduanya. Anda jangan jenuh karena kembali bermain dengan ilmu matematika, siapa tahu suatu saat nanti kita akan dihadapakan pada hal – hal yang berhubungan dengan fungsi komposisi dan invers, atau mungkin ditanya soal fungsi komposisi dan invers oleh adik atau bahkan anak kita. Daripada kita malu karena tidak mengetahui apa – apa soal ilmu ini, ada baiknya anda tidak malas untuk membaca artikel kali ini.!

Artikel kali ini dibuat dengan judul fungsi komposisi dan invers. Fungsi komposisi diartikan sebagai pembentuk fungsi baru, sedangkan invers diartikan sebagai kebalikan. invers berhubungan dengan materi fungsi. Hal tersebut diperkuat dengan teori berikut:

  • invers suatu fungsi belum tentu merupakan fungsi
  • jika invers suatu fungsi adalah fungsi maka invers fungsi disebut fungsi invers

 3

Dengan dua poin di atas, jelas dipastikan bahwa ilmu komposisi berkaitan dengan ilmu invers. Untuk menentukan fungsi invers, pada pembahasan fungsi komposisi dan invers kali ini penulis akan menjabarkan langkah – langkah dalam menentukan fungsi invers matematika. Langkah – langkah tersebut adalah :

  1. Mengubah persamaan bentuk y = f(x) dalam bentuk x sebagai fungsi y
  2. Bentuk x sebagai fungsi y pada langkah no 1 diberi nama f-1 (y)
  3. Mengubah bentuk y pada bentuk f-1 (y) dengan x untuk mendapatkan f-1(x). f-1(x) sehingga diperoleh rumus fungsi invers f(x)

Setelah membahas langkah – langkah dalam membuat fungsi invers, pada pembahasan fungsi komposisi dan invers kali ini akan dijelaskan manfaat mempelajari kedua ilmu yang saling berkaitan tersebut.

Dalam kehidupan sehari – hari fungsi invers memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Invers mempermudah kita dalam mencari jawaban dari posisi bilangan manapun
  2. Invers digunakan untuk meramal suatu kejadian fisis atau dimensi bedasarkan variable yang mempengaruhi kejadian fisis atau dimensi tersebut.

 Sedangkan fungsi komposisi mempunyai manfaat sebagai berikut :

  1. Fungsi komposisi diterapkan dalam proses pembuatan buku. Proses pembuatan buku melalui 2 tahap : editorial dan produksi, tahapan ini diterapkan melalui alogritma fungsi komposisi
  2. Fungsi komposisi diterapkan dalam proses pembentukan emas menjadi perhiasan
  3. Fungsi komposisi diterapkan dalam mesin pencetak yang menggunakan komposisi warna
  4. Fungsi komposisi juga diterapkan dalam proses pendaur ulangan pecahan logam campuran yang dihancurkan menjadi serpihan kecil
  5. Fungsi komposisi juga diterapkan dalam permainan sepak bola, seperti penyusunan tim pemain atau formasi dalam pemain tim sepak bola
  6. Fungsi komposisi mempermudah kita untuk menyelesaikan soal metematika, salah satunya adalah yang berhubungan dengan fungsi invers.

Penulis rasa pembahasan fungsi komposisi dan invers kali ini cukup. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan juga memberikan rasa penasaran pada pembaca, sehingga pembaca akan terus dan terus membaca untuk mencari ilmu tersebut. Penulis juga berharap agar pembaca terus dan terus mencari ilmu alam yang tidak terbatas, karena ilmu apapun itu jika digunakan dengan baik akan memberikan manfaat untuk kehidupan kita di masa depan.

Related Posts