Penyakit Hati Menurut Islam

 Kesehatan

Penyakit Hati Menurut Islam Hati adalah bagian paling sensitive dalam diri manusia. Didalam kehidupan manusia, hati sangatlah penting, karena baik buruknya amalan seorang hamba sangat dipengaruhi oleh hati. Jika hati kita baik, maka baik juga seluruh amal kita. Sebaliknya, orang yang di dalam hatinya ada penyakit, sulit menerima kebenaran dan akan mati dalam keadaan kafir. Jenis penyakit hati yang bisa menjangkiti hati sangatlah banyak, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis – jenis penyakit hati yang dapat meracuni hati kita.

4

Penyakit hati menurut islam. Berikut ini macam – macam penyakit hati yang seharusnya kita hindari yaitu :

1). Sombong

Sering orang sombong karena kepintaran, kekayaan, atau pun jabatan akhirnya menjadi sombong dan menganggap orang lain rendah.

Allah melarang kita untuk menjad sombong :

“ Masuklah kamu ke pintu – pintu neraka jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk- buruk tempat bagi orang – orang yang sombong “ ( Al Mu’min 76 )

2). Iri dan dengki

Allah melarang kita iri pada yang lain karena rezeki yang mereka dapat itu sesuai dengan usaha mereka dan sudah jadi ketentuan Allah. Jika kita kagum melihat milik orang lain, agar terhindar dari iri hendaknya mendoakan agar yang bersangkutan dilimpahi berkah.

Dengki lebih parah dari pada iri. Orang yang dengki merasa susah bila melihat orang lain senang, dan merasa senang bila orang lain susah.Oleh karena itu Allah menyuruh kita berlindung dari kejahatan orang yang dengki.

3). Ujub ( kagum akan diri sendiri )

Kita merasa kagum atau bangga akan diri kita sendiri. Ini merupakan penyakit hati yang kronis, yang bisa m embuat pelakunya enggan bertaubat dan merupakan awal dari kesombongan.Jika kita mendapat keberhasilan atau pujian dari orang, janganlah ujub tapi ucapkanlah Alhamdulillah..

4). Hasud

Hasud adalah sifat yang selalu ingin mempengaruhi orang lain agar amarah orang tersebut meluap dengan tujuan memecah belah persatuan dan tali persaudaraan, sehingga timbul kebencian dan permusuhan.

5). Buruk sangka

Buruk sangka adalah sifat yang curiga dan menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.

6). Fitnah

Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan merusak, menipu, menjelek-jelekkan , menodai, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang jelas.

Penyakit hati menurut islam. Pengobatan penyakit hati menurut islam ada 2 cara penyembuhan yaitu :

1). Membaca ayat suci Alquran

Alquran merupakan wahyu yang di sampaikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui malaikat jibril. Alquran merupakan bacaan yang sangat mulia, tidak ada satu pun buku atau pun kitab lain yang dapat menyangi kata-kata Alquran.Alquran merupakan penyembuh penyakit hati, dengan membacanya dan mengambil pelajaran dari apa yang telah Allah sampaikan didalamnya.

2). Mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengingat Allah adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh manusia di dunia, karena Allah lah yang menghidupkan dan mematikan manusia. Allah telah menciptakan manusia dngan tahapan dan proses yang sangat panjang. Maka dari itu kita patut mengingatnya dan mensyukuri Nikmat yang telah di berikan Allah kepada kita.

Related Posts