Pengertian Monitor Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah monitor tak hanya terdapat dalam perangkat komputer saja. Istilah ini bisa juga melekat pada komponen televisi, home theater, dan alat-alat penampil visual lainnya. Namun, monitor komputer lebih sering dibahas karena pengertian monitor menurut para ahli dan juga jenis-jenisnya yang beragam sangat menarik untuk dipelajari. Apalagi saat ini komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang digandrungi oleh banyak kalangan. Dengan kegunaan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, komputer menjadi salah satu alat elektronik yang selalu berkembang seiring zaman. Monitor komputer sudah bukan barang asing lagi bagi sebagian masyarakat, terutama bagi mereka yang setiap harinya berkecimpung dengan pekerjaan menggunakan komputer.

                Pengertian monitor menurut para ahli bisa dijelaskan dalam definisi berikut. Monitor adalah salah satu perangkat keras atau hardware yang bisa disentuh dan dinikmati secara visual. Monitor bisa diartikan sebagai sebuah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan sinyal elektronik dari suatu perangkat lainnya. Monitor dianggap sebagai alat output atau hasil dari sebuah perangkat komputer. Monitor terdiri atas tampilan, sirkuit, dan sebuah lampiran. Secara umum, monitor berfungsi untuk menampilkan output dari sebuah proses data. Tampilan yang dihasilkan bisa berupa tulisan, gambar, animasi, video, dan film. Ketajaman dan kelembutan gambar dan warna menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah monitor. Untuk menentukan seberapa besar ketajaman sebuah monitor diukur dengan resolusi. Semakin tinggi resolusi gambarnya, maka akan semakin halus dan tajam pula gambar yang dihasilkan di monitor tersebut. Besarnya resolusi ketajaman sebuah monitor diukur dengan satuan pixel. Semakin besar pixel sebuah monitor, maka semakin bagus tampilan gambarnya di monitor.

4

                Berbagai jenis monitor telah muncul di dunia komputer dan menjadi tren tersendiri yang diminati banyak orang. Masing-masing jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Hal ini menjadi penting untuk diketahui di samping pengertian monitor menurut para ahli. Jenis-jenis monitor yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Monitor Tabung Katoda atau biasa disebut juga dengan CRT. Ini adalah monitor dengan jenis paling tua yang dipakai dalam rangkain komputer, ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun. Monitor ini bekerja dengan bantuan elektron-elektron dalam tabung yang dihubungan ke layar sehingga bisa menghasilkan warna yang berbentuk gambar. Kelebihannya adalah rasio kontras yang tinggi, warna, keseluruhan luas, tingkat hitam, dan sudut pandang yang semuanya sangat baik. Sedangkan kelemahannya adalah ukurannya yang sangat besar sehingga membuat bobotnya sangat berat, panas yang dihasilkan juga sangat besar ketika dioperasikan.
  2. Monitor LCD atau liquid Crystal Display adalah jenis onitor selanjutnya yang muncul setelah CRT. Jenis ini menggunakan Kristal cair sebagai media perantaranya. Cara bekerjanya adalah menyorotkan sinar cahaya neon ke Kristal-kristal cair dan pantulan sinarnya akan membentuk gambar pada layar melalui proses penyaringan warna dengan bantuan medan magnetik. Kelebihannya adalah konsumsi daya rendah bila dibandingkan dengan CRT dan sangat ringan. Sedangkan kelemahannya adalah sudut pandang terbatas dan tingkat hitam tidak terlalu jelas.
  3. Monitor Plasma adalah monitor yang beroperasi dengan bantuan 2 layar datar akan melepaskan cahaya fosfor yang akan melalui beberapa proses hingga akhirnya gambar muncul di monitor. Kelebihannya adalah sudut pandang lebih luas daripada LCD dan kecepatan refresh yang sangat tinggi. Sedangkan kelemahannya adalah gerakan gambar lebih lamban.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts