Pengertian Perangkat Lunak Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Perangkat lunak atau biasa juga disebut dengan software merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah teknologi komputer. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan komponen ini. Sebagai salah satu komponen penting, perangkat lunak banyak dipelajari oleh para ahli, termasuk dengan pengertian perangkat lunak menurut para ahli yang semakin hari semakin bermunculan. Banyak hal yang bisa dikupas dari perangkat lunak. Meski keberadaannya tidak bisa disentuh secara fisik, perangkat lunak tetap menjadi perhatian penting. Tampilan visual dan kegunaannya yang sangat vital pada komputer membuat perangkat lunak terus dikembangkan dan dipelajari oleh banyak pakar teknologi di seluruh dunia.

                Perangkat lunak adalah sekumpulan perintah dalam bentuk data elektronik yang disimpan dan diformat secara digital oleh suatu instruksi atau program untuk dijalankan oleh komputer. Perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi, menyiapkan, dan mengatur suatu aplikasi agar kinerja komputer bisa berjalan dengan baik. Selain itu, perangkat lunak juga bisa membantu pekerjaan pengguna komputer menjadi lebih mudah dan efisien. Hal yang biasanya dilakukan secara manual, dengan adanya perangkat lunak bisa mengubahnya menjadi sebuah proses yang yang bisa dikerjakan dengan cepat, mudah, dan efektif. Perangkat lunak ini harus diinstal terlebih dahulu di perangkat komputer agar bisa dioperasikan oleh pengguna.

5

                Ada berbagai macam jenis perangkat lunak yang telah diluncurkan di pasaran dan menarik minat banyak pengguna komputer. Kepopuleran jenis perangkat lunak ini bisa sebanding dengan pengertian perangkat lunak menurut para ahli yang banyak dibicarakan. Jenis-jenis perangkat lunak yang dimaksud tersebut adalah perangkat lunak aplikasi, sistem operasi, perkakas pengembangan perangkat lunak, pengendali perangkat keras, perangkat lunak menetap, perangkat lunak bebas, perangkat lunak gratis, perangkat lunak uji coba, dan perangkat lunak perusak. Berbagai jenis perangkat lunak tersebut dibutuhkan oleh komputer dan memiliki fungsi masing-masing. Misalnya sistem operasi, komputer membutuhkan untuk menjadi induk bagi aplikas-aplikasi lain seperti antivirus, aplikasi hitungan, aplikasi untuk video dan gambar, serta berbagai jenis aplikasi lainnya. Bahkan perangkat lunak perusak juga bisa bermanfaat bagi komputer.

                Selain jenis-jenis perangkat lunak di atas, ada pula jenis perangkat lunak yang diklasifikasikan berdasarkan distribusinya. Jenis-jenis tersebut adalah software berbayar, open source software, shareware, freeware, dan free software. Software berbayar adalah perangkat lunak yang mengharuskan pengguna membayar  biaya dengan jumlah tertentu untuk dapat menggunakannya secara legal. Open source software adalah software yang bisa direvisi dan didistribusikan dengan bebas. Shareware adalah perangkat lunak yang didistribusikan dalam batas tertentu dan mengharuskan pengguna untuk membayar lebih agar bisa menggunakannya dengan lebih luas dan bebas. Freeware adalah perangkat lunak yang memperbolehkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tanpa biaya cipta maupun batasan waktu. Dan free software adalah perangkat lunak yang menjamin kebebasan dalam penggunaan, tetapi masih dikenai biaya pendistribusian. Kesemua jenis perangkat lunak tersebut menjadi pelengkap pengertian perangkat lunak menurut para ahli yang bisa bermanfaat bagi para pengguna teknologi komputer.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts