Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Web server adalah sebuah layanan internet yang sangat popular dan menjadi media yang dimanfaatkan oleh berbagai instansi, lembaga, organisasi, atau perusahaan untuk melakukan apapun yang mereka butuhkan, bahkan untuk media promosi. Web server sendiri memiliki beragam pengertian, demikian juga halnya dengan pengertian web server menurut para ahli. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi internet, semakin berkembang pula pengertian mengenai web server tersebut. Jenisnya pun juga semakin bertambah banyak dengan penawaran berbagai macam keunggulan yang semakin memudahkan penggunanya dalam berselancar di internet. Sampai saat ini internet memang menjadi sarana yang sangat popular untuk melakukan berbagai macam komunikasi, mencari informasi, bahkan mencari teman. Untuk itulah keberadaan web server juga ikut terpengaruh.

                Web server adalah salah satu aplikasi server yang berfungsi untuk melayani permintaan HTTP atau HTTPS dari browser dan mengirimkannya dalam bentuk halaman web atau situs. Web server juga bisa diartikan sebagai suatu program di komputer yang bertanggung jawab menerima permintaan HTTP dari klien dan merespon HTTP berupa data yang biasanya berupa halaman web. Halamn-halaman web yang dikirim oleh web server lebih umum berupa file HTML dan CSS yang nantinya akan ditata menjadi halaman-halaman web yang menarik dan mudah untuk dibaca oleh pengakses situs tersebut. Aplikasi ini juga bisa mengakses informasi secara efektif dan efisien.

6

                Pengertian web server menurut para ahli membuat kita bisa mengetahui macam-macam web server yang bisa dipelajari. Macam-macam web server tersebut adalah Microsoft Windows Server 2003, Apache Tomcat, Xitami Web Server, Zeus Web Server, Lighttpd, Sun Java System Web Server, dan Apache Web Server. Ketujuh web server tersebut merupakan web server yang pernah ada dan digunakan oleh pengguna. Dari kesemuanya, yang paling popular adalah Apache Web Server. Web server ini merupakan salah satu yang terbaik berdasarkan riset dari Netcraft. Kelebihan dari web server ini adalah tingkat kestabilan dan keandalannya yang tinggi. Selain itu, Apache Web Seerver juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap. Web server ini juga merupakan aplikasi yang gratis dan dapat berjalan pada sistem operasi berbasis Windows dan Unix.

                Web server mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai aplikasi internet karena memiliki fitur-fitur dasar yang sangat umum. Fitur-fitur dasar itu juga tercakup dalam pengertian web server menurut para ahli. Fitur-fitur tersebut adalah HTTP, logging, otentifikasi, dukungan HTTPS, kompresi konten, virtual hosting, dan pengatur bandwidth. HTTP adalah permintaan-permintaan dari klien dalam bentuk dokumen HTML yang bisa berupa data, gambar, dan jenis dokumen lainnya. Logging adalah kemampuan untuk melakukan pencatatan terhadap informasi mengenai permintaan klien dan respon dari web server. Otentifikasi adalah fitur untuk mengotorisasi permintaan dari klien sebelum menggunakan sumber daya web server. Gukungan HTTPS adalah menjaga koneksi yang aman ke server port. Kompresi konten adalah mengurangi waktu respon server sehingga penggunaan bandwidth menjadi lebih hemat. Virtual hosting adalah untuk melayani banyak situs dengan satu alamat IP. Pengatur bandwidth adalah untuk membatasi kecepatan respon agar tidak memenuhi jaringan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian mahasiswa , pengertian mailing list , pengertian orde baru , pengertian alquran , pengertian monitor , pengertian perangkat lunak , pengertian web server , pengertian hak cipta , pengertian seni budaya , pengertian administrasi perkantoran , pengertian deposito

Related Posts