Manfaat Yakult bagi Kesehatan

 Kesehatan

Yakult merupakan minuman susu fermentasi yang disebut-sebut sangat baik bagi kesehatan. Mengapa demikian? Yakult dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim dengan bakteri asam laktat hidup Lactobacillus Casei Shirota Strain yang biasa disingkat dengan nama L. Casei Shirota Strain. Bakteri tersebut adalah bakteri unggul dari hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang terus dipakai sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research. Di dalam Yakult terkandung probiotik yang sangat baik bagi tubuh. Karena itulah manfaat Yakult bagi kesehatan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Yakult dikatakan aman bagi kesehatan karena bahan-bahan yang dipakai dalam proses pembuatannya bukan bahan berbahaya. Bahan-bahan tersebut adalah bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain, susu bubuk skim, sukrosa dan glukosa, perisa, dan air. Bahan-bahan itulah yang membentuk minuman dengan rasa khas bernama Yakult. Yakult memiliki warna unik, caramelisation alami yang didapatkan selama proses produksi sehingga tidak menggunakan pewarna. Yakult diyakini sebagai minuman terbuat dari susu bebas lemak dan gula yang dipakai mampu menjaga bakteri agar tetap hidup selama Yakult tersebut disimpan. Bakteri tersebut membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan dengan meningkatkan jumlah bakteri berguna dan mengurangi jumlah bakteri merugikan dari dalam tubuh.

9

Manfaat Yakult bagi kesehatan bisa didapat tak lain karena adanya bakteri yang masuk ke tubuh kita. Bila mengonsumsi Yakult secara rutin setiap hari berarti kita memasukkan sekitar 6,5 miliar bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain hidup ke dalam usus kita. Dengan adanya bakteri tersebut, manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah sebagai berikut.

  • Mencegah gangguan pencernaan
  • Memudahkan buang air besar dan mencegah diare
  • Mengontrol efek samping dari antibiotik
  • Membantu mengatasi stress
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh
  • Mengurangi racun di dalam usus
  • Membatasi jumlah bakteri yang merugikan di dalam usus dan meningkatkan bakteri yang berguna
  • Meningkatkan jumlah bakteri berguna di dalam usus
  • Menjaga keseimbangan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh

Agar Yakult bisa bertahan lama dan bakteri di dalamnya tidak rusak, ada cara khusus dalam penyimpanan minuman ini. Yakult harus selalu disimpan dalam suhu yang dingin, yakni suhu di bawah 10 derajat celcius karena pada suhu tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitasnya bisa dipertahankan dan tetap terjaga. Suhu yang terlalu tinggi akan membuat bakteri di dalam Yakult menjadi turun kualitasnya, bakteri tersebut akan menghasilkan asam laktat yang bisa menyebabkan Yakult menjadi asam.

Untuk mendapatkan manfaat Yakult bagi kesehatan, kita tidak pernah dibatasi dalam mengonsumsinya. Yakult bisa diminum kapanpun dan siapapun sehingga tidak ada pembatasan, bahkan Yakult juga aman diminum lebih dari satu botol setiap hari karena akan lebih efektif untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri yang sangat berguna. Yakult juga bisa diberikan kepada bayi yang berusia beberapa tahun (balita). Yakult bisa diencerkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada balita agar teksturnya tidak terlalu kental dan anak bisa menelannya dengan lebih mudah.

Related Posts