Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

 Kesehatan

Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya pasti bertanya-tanya, apa itu habbatussauda?  Habbatussauda adalah tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia, dan Jazirah Arab. Dalam hal pengobatan, pemanfaatan biji habbatussauda telah dikenal sejak lama. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa habbatussauda atau jinten hitam hendaknya dikonsumsi oleh manusia karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit kecuali kematian. Dengan sabda tersebut, kita bisa meyakini khasiat dan manfaat habbatussauda bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat, karena tidak ada pembatasan jenis penyakit dalam sabda Rasul tersebut.

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Nigella Sativa ini berbatang pendek dengan tinggi 50 cm dan masih satu keluarga dengan Adas dan Anise. Buahnya berbentuk mitip kapsul dan di dalamnya terdapat benih berwarna putih berbentuk segi empat. Benih berwarna putih ini akan berubah dengan cepat menjadi hitam jika terkena udara. Biji habbatussauda atau jinten hitam ini merupakan salah satu rempah yang mempunyai sifat penyembuhan alami yang kuat. Awalnya jinten hitam ini digunakan untuk bumbu masakan, rasanya yang sedikit pahit menjadikannya cocok sebagai pengganti lada. Ukurannya pun sangat kecil berbentuk bulat sabit dan berwarna hitam. Meskipun kecil, jinten hitam ini memiliki 100 kandungan senyawa kimia yang sangat baik bagi tubuh, seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, mineral, dan lain-lain.

88

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan tak bisa lepas dari kandungan berbagai macam senyawanya. Selain senyawa yang telah dipaparkan di atas, masih banyak lagi senyawa lainnya yakni minyak atsiri, minyak lemak, saponin, melantin, nigelin, nigelon, dan timokinon. Banyaknya kandungan tersebut membuat habbtaussauda memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Meningkatkan kecerdasan dan mencegah penyakit Alzheimer karena kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang mampu meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
  • Sebagai sumber nutrisi penting bagi tubuh karena mengandung batekaroten, kalsium, zat besi, sodium dan kalsium, serta Sembilan jenis asam amino esensial.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72%. Sistem kekebalan tubuh ini sangat penting untuk mencegah dan enyembuhkan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit imun lainnya.
  • Mengatasi gangguan perut seperti sembelit, kembung, menjaga kesehatan pencernaan, dan membasmi cacing usus.
  • Menyembuhkan penyakit asma (sesak napas) dan alergi karena kandungan senyawa Crystalline, yakni substansi yang dapat menghambat pelepasan histamine. Histamine sendiri adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi dari alergi.
  • Meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya.
  • Mengobati kanker karena kandungan asam lemak di dalamnya.
  • Potensial dikembangkan untuk imunomodulator pada penderita imunodefisiensi seperti pasien terinfeksi HIV-AIDS yang mengalami penuruna jumlah sel CD4.
  • Mengobati peradangan karena kandungan Thymoquinine dalam jinten hitam mampu sebagai obat anti inflamasi yang sangat efektif.

Related Posts